Yogyakarta-Intai News.com:Komunitas Perempuan berkebaya Indonesia, Yogyakarta beraksi di lokasi car free day, Minggu 16 Desember 2018. Sehingga di sepanjang Jalan Jend Sudirman diselenggarakan Yogya Car Free Day (CFD) terlihat suasana sangat berbeda. Di sepanjang jalan lokasi CFD dipenuhi wanita memakai pakaian kebaya (foto).

Mereka adalah komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia. Mereka beraksi memperkenalkan kembali kebaya dan seni bela diri Pencak Kebaya, serta memberikan jamu tradisional gratis kepada pengunjung Yogya CFD.

Menurut Mbak Tinuk, Komunitas Perempuan Berkebaya di Yogyakarta telah beranggotakan ratusan orang dengan anggota aktif lebih dari 50 orang. Agenda kegiatan rutin mereka mulai dari latihan menari tarian jawa, pencak silat kebaya, membuat pelatihan beraneka keterampilan dan juga bakti sosial.

“Anggota aktif saat ini tidak hanya perempuan asli Yogja, banyak juga berasal dari luar daerah. Kami juga tidak hanya membahas mengenai kebaya Jawa saja, tetapi juga Kebaya khas Melayu Deli sampai Kebaya khas Bali,” kata Mbak Tinuk.

Intinya, tambah ketua Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, bagaimana mengembalikan karakter dan kharisma perempuan Indonesia agar tidak melupakan budaya asalnya. * Inc-20