Wagubsu H Musa Rajekshah

Medan-Intainews.com:Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Drs H Musa Rajekshah SH.MH mendukung rencana aksi strategi nasional yang diatur dalam Peraturan Presiden No 54 tahun 2018. Rencana aksi itu mencakup tiga poin, perizinan tata niaga, keuangan negara, serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Wagubsu menyampaikan hal itu di sela-sela acara diseminasi strategi nasional dan aksi pencegahan korupsi 2019-2020 bagi pemerintah daerah, di Hotel Four Points, Medan, Selasa 11 Desember 2018. Wagubsu sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Peserta diseminasi itu terdiri dari Sekretaris Daerah Provinsi dari NAD, Sumbar, Riau dan Kepri serta beberapa Sekretaris Kabupaten Kota Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bapedda dan BKD masing-masing provinsi. Turut hadir juga, Ketua Korsupgah Provinsi Sumatera Utara, M Fitriyus, Sekdaprovsu Dr Ir Hj R. Sabrina MSi, Inspektur III Kemendagri, Elfin Elyas serta LSM terkait.

Dikatakan Wagubsu, Sumatera Utara harus keluar dari stigma negatif yang melekat selama ini. Untuk itu, diseminasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kesepahaman mengenai upaya dan fokus strategi dalam pencegahan korupsi. Jika stigma masih melekat pada Sumut, Wagubsu mengkhawatirkan nantinya masyarakat akan apatis kepada pemimpinnya.

Terkait upaya membuat pemerintahan yang bersih, Wagubsu menargetkan tahun 2019, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan menerapkan e-government secara keseluruhan. “Menjalankan pemerintahan tidak bisa lagi dengan sistem manual. Tanpa e-goverment ini masih bisa kita mengelak,” katanya. *Inc-03