Nagan Raya-Intainews.com:Pengurus Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (P2TP2A) Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh adakan konsolidasi dan silaturahmi pengurus, Selasa 11 Desember 2018 (foto).

Konsolidasi berlangsung di ruang pertemuan Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Komplek Perkantoran Suka Makmur.

Kegiatan yang turut dikomandoi Kadis DPMGP4, Ujang, MM itu menghasilkan rekomendasi bersama, terutama sistem pelayanan, jejaring lintas sektor, dan input konstruktif lainnya untuk eksisnya P2TP2A Nagan Raya di tengah tengah masyarakat.

Ketua P2TP2A Nagan Raya, Agus Jalizar, SH kepada media menjelaskan, kegiatan konsolidasi akhir tahun itu dilakukan selain silaturahmi pengurus baru, juga untuk menerima masukan masukan dari berbagi divisi yang ada dalam kepengurusan.

“Konsolidasi pengurus baru ini untuk membahas bagaimana pelayanan dan perlindungan perempuan, anak semaksimal mungkin, dengan koordinasi yang baik khususnya kepada Aparat Penegak Hukum (APH) benar-benar kita tingkatkan,” terang Agus.

Ia mengharapkan dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat untuk berkontribusi nyata dalam hal perlindungan perempuan dan anak terutama upaya pencegah kekerasan serta pelaporan bila ditemukan kasus di masyarakat.

“Bisa datang ke kantor DPMGP4 bila ada kasus yang perlu dikonsultasikan, sebelum kita meminta alih kembali kantor P2TP2A yang telah dibangun oleh BRR silam,” tambahnya.

Sementara Kadis DPMGP4 Nagan Raya, Ujang, MM mengapresiasi upaya konsolidasi itu. Menurutnya untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat maka para pengurus harus solid dan kompak.

“Tahun 2019 nanti kita lakukan sosialisasi tingkat desa, banner dan spanduk pengaduan tentang kekerasan akan dipasang hingga ke tingkat desa,” janjinya. Ia menambahkan, kasus kekerasan tak mesti korban yang melaporakan, namun bisa saja orang lain yang peduli akan masalah sosial tersebut.

Pihaknya akan memaksimalkan peran penyuluh KB, Perangkat desa, dan pengurus P2TP2A untuk memberikan pemahaman tentang upaya pencegahan kekerasan perempuan dan anak ke akar rumput di Nagan Raya. *Inc-09-rel