Gunungsitoli-Intainews.com:Daftar pemilih tetap (DPT) Kota Gunungsitoli untuk pemilihan umum serentak tahun 2019 ditetapkan sebanyak 87.869 jiwa. DPT Kota Gunungsitoli untuk pemilu serentak bertambah 3.237 jiwa dari DPT Kota Gunungsitoli pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara sebelumnya berjumlah 84.632 jiwa.

Penetapan DPT Kota Gunungsitoli dilakukan pada rapat pleno (foto) rekapitulasi dan DPTHP-2 tingkat KPU Kota Gunungsitoli di Hotel Nias Palace, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Minggu 9 Desember 2018. Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Gea sebelum memberitahu, menghasilkan DPT Kota Gunungsitoli membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Pemuktahiran DPT terus kita lakukan sejak bulan Juni 2018 hingga Desember 2018, dan sudah melalui proses hingga DPTH 2. DPT telah dicocokkan dan sudah dilakukan sinkronisasi sebelumnya sehingga dilakukan rekapitulasi dan penetapan.

“Kita berharap jaringan hari ini bagus, karena proses penetapan DPT harus melalui program si dali yang membutuhkan jaringan internet, dan jika jaringan tidak bagus dan putus-putus, kita akan lakukan sinkronisasi hingga malam, dan jika tidak selesai, kita lanjutkan sinkronisaai di kantor sampai penetapan melalui si dali,” kata Ketua KPU.

Di tempat yang sama, anggota Badan Pengawas Pemilu Kota Gunungsitoli Nur Alia Lase memberitahu, rapat paripurna rekapitulasi dan penetapan dpt tindak lanjut rapat koordinasi sebelumnya.

“Bawaslu telah melakukan pencermatan, dan pencermatan bukan hanya dilakukan KPU, parpol dan tim pasangan calon presiden dan wakil presiden, kami sampai jajaran ke bawah juga sudah melakukan pencermatan, dan berharap. Rekapitulasi hari ini berjalan dengan lancar,” harapnya.

Dia juga berharap DPTH 2 yang akan ditetapkan menghasilkan DPTH yang sesuai dengan data yang benar-benar akurat, karena bulan Januari 2019 akan dilakukan pencetakan surat suara. *Inc-12