Medan-Intainews.com:Walikota Medan T Dzulmi Eldin mendukung penuh kegiatan Pelatihan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan Februari 2019. Hal ini dikatakannya saat menerima audiensi komisioner KPU Medan di Rumah dinas walikota Jalan Sudirman, Kamis 6 Desember 2018 (foto).

Kegiatan pelatihan itu, ungkap Walikota, dapat menunjang kemampuan petugas KPPS dalam penyelenggaraan pemilihan umum. Apalagi untuk tahun depan KPU memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pemilu. ”Pemko Medan mendukung penuh kegiatan pelatihan KPPS ini,” tegasnya.

Pemko Medan juga akan membantu dan mendukung KPU untuk menyukseskan Pileg dan Pilpres melalui siaran keliling dan videotron guna mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya nanti.

Dalam kesempatan tersebut, Dzulmi Eldin juga menanyakan sejauhmana kesiapan tahapan pemilihan yang telah dilaksanakan oleh KPU Medan khususnya Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pemilih pemula. Jangan sampai warga Medan yang memilik hak pilih tidak dapat memilih dan persoalan pemilih ganda.

Ketua KPU, Agusyah Damanik yang hadir didampingi komisioner KPU Medan Edy Suhartono, Defrizal, Nana Miranti serta Sekretaris KPU Medan Nirwan, mengatakan, penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk memberi pemahaman sekaligus menambah kompetensi para petugas KPPS yang akan menyukseskan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tahun depan.

”Untuk itu, kami berharap Pak Wali dapat menginstruksikan camat, lurah dan kepala lingkungan agar  merekomendasikan petugas KPPS yang memiliki kualitas dan diutamakan yang muda dan dapat mengoperasikan komputer. Karena penyelenggaraan Pileg dan Pilpres mendatang berbasis aplikasi,” ucapnya.

Selain itu, Agusyah juga menjelaskan, pada perhitungan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 menetapkan sebanyak lebih kurang 1,6 Juta jiwa pemilih. Pihaknya akan terus memperbaharui data tersebut. Sedangkan daftar pemilih ganda KPU Medan mencatat sebanyak 4.629 jiwa.

”DPTHP 2 ini akan terus kami pantau dan diperbaharui, apalagi kami juga menemukan pemilih ganda sehingga jumlah daftar pemilih tetap ini kemungkinan akan berkurang. Mengenai pemilih pemula KPU Medan mencatat sejauh ini berjumlah kurang lebih 32 ribu,” tukasnya.

Pertemuan dihadiri Asisten Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Medan, Musaddad Nasution, Plt Kaban Kesbangpol Kota Medan, Sulaiman Harahap, Kabag Tapem Syahrul Rambe dan Kabag Hukum Bambang. *Inc-03