H Andi Suhaimi (kiri) bersama J Marpaung memperlihatkan syrup nenas

Rantauprapat-Intainews.com:Plt Bupati Labuhanbatu, Sumatera Utara H Andi Suhaimi Dalimunthe, mengajak semua komponen masyarakat untuk membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Labuhanbatu untuk membangun ekonomi masyarakat kecil agar produktif dan mandiri secara finansial.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Labuhanbatu, saat menerima kunjungan salah seorang pelaku usaha UMKM J Marpaung (40) warga masyarakat kelurahan Sirandorung Kecamatan Rantau Utara, di rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu, Minggu 2 Desember 18.

Menurut Andi Suhaimi tidak dapat kita pungkiri, usaha mikro kecil menengah sudah terbukti mampu bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi yang terjadi di tanah air. “Maka Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berkomitmen untuk memberikan dukungan berupa moral dan material agar masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu dapat mengembangkan usahanya menjadi masyarakat produktif,” ujarnya.

Di samping itu produk asli dari Kabupaten Labuhanbatu belum ada, jadi Plt Bupati sangat mendukung usaha syrup nenas asli dari Labuhanbatu. Apalagi bahan bakunya juga ada di daerah di Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah. “Kalau sudah menjadi produk yang digemari dan dapat diproduksi secara massal jelas akan meningkatkan produksi petani nenas yang secara otomatis juga akan meningkatkan perekonomiannya,” sebut Andi Suhaimi.

Sementara J Marpaung, menyebutkan usaha syrup nenas ini hasil gagasan Sekjen Disperindag Edi M Harahap yang sudah diproduksi. “Hanya saja kita belum dapat memproduksinya secara massal disebabkan masih kekurangan modal dalam penyediaan kemasannya. Selain produksi syrup nenas kami juga akan berinovasi membuat selai nenas dan keripik nenas,” ujarnya. * Inc- 05