Musyawarah bersama DPRK Nagan Raya baru-baru ini

Nagan Raya-Intainews.com:Persoalan pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) senilai Rp 1,7 miliar yang dibangun di Desa Padang Panjang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh, hingga kini belum menemukan titik terang terkait pemindahannya ke Desa Padang Rubek.

Informasi dihimpun Intainews.com, Selasa 16 Oktober 2018, sebelumnya masyarakat mempertahankan agar pembangunan GOR tetap dilanjutkan di Padang Panjang, kendati sudah ada surat dari pemerintah daerah untuk dipindahkan ke Padang Rubek.

Selanjutnya rekanan yang mengerjakan GOR berencana memindahkan alat dan material ke Padang Rubek, namun ditahan oleh warga. Alasannya belum ada titik terang bagaimana sebenarnya status GOR ini. Kemudian warga meminta dilakukan upaya mediasi.

Kemudian, Wakil Ketua Dewan Perwakakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Samsuardi, dengan menghadirkan pihak rekanan Safrizal dan perwakilan dari masyarakat, meliputi unsur desa, Senin (15/10) melakukan musyawarah.

Dalam pertemuan tersebut, diketahui kalau lahan di Pandang Panjang yang dibangun GOR merupakan lahan lokasi lapangan bola kaki milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Socfindo Kebun Seunagan. Status tanahnya merupakan Hak Guna Usaha (HGU).

“Saya sudah berkordinasi dengan beberapa pihak terkait hal ini, lokasi pembangunan GOR harus di lokasi yang seteril (tidak bermasalah), yaitu bukan merupakan lokasi HGU,” kata Samsuardi.

Sementara dari pihak rekanan Safrizal mengaku dalam persoalan ini, ada jaminan lokasi dan surat hibah tanah sebelumnya dari Keuhik (kepala desa) agar tetap GOR dibangun di Padang Panjang.

Safrizalmenambahkan, dalam pembangunan GOR pihaknya mengalamai kendala waktu pengerjaan yang sudah tersita lantaran terjadi sengketa. Karena perwakilan dari masyarakat masih tetap mempertahankan dilakukan mediasi lanjutan untuk dapat menemui titik terang.

Untuk itu akan dilakukan pertemuan lebih luas dean lengkap dengan menghadirkan pihak terkait. Untuk mediasi lanjut itu dijadwalkan Rabu 17 Oktober 2018. Sebagaimana diketahui, pembangunan GOR di Padang Panjang sudah dimulai, dan sampai pengecoran pondasi. *Inc-qq