Gunungsitoli-Intainews.com:Bangunan eks bantuan Non Goverment Organization (NGO) Help di Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara (foto)akan digusur Pemerintah Kota Gunungsitoli pada bulan Januari 2019.

“Penggusuran kita lakukan untuk penataan Kota Gunungsitoli,” kata Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua ketika ditemui, Kamis 11 Oktober 2018. Menurut Walikota Gunungsitoli rencana penggusuran awalnya ditetapkan pada bulan November 2018, tetapi menghargai permintaan ibu-ibu penghuni bangunan tersebut, penggusuran diundur pada bulan Januari 2019.

Bangunan-bangunan tersebut akan digusur karena untuk penataan Kota Gunungsitoli, dan sesuai peraturan daerah Kota Gunungsitoli tentang RT/RW, lokasi tersebut adalah daerah hijau.

Pada lokasi tersebut menurut Walikota akan dibangun taman, dan soal klaim kepemilikan tanah oleh PT Pelindo tidak menyurutkan niat Pemko Gunungsitoli untuk pembongkaran. Bahkan Walikota mengungkapkan jika PT Pelindo pernah berkoordinasi dan klaim tanah itu milik PT Pelindo, tetapi tidak bisa memperlihatkan alas hak saat diminta.

Subiyanto, Manager Bisnis dan Teknik PT Pelindo Gunungsitoli, Jumat (12/10), mengakui jika telah mendengar info Penggusuran bangunan bekas bantuan NGO Help. Dia membenarkan kalau tanah tersebut milik PT Pelindo, dan surat-suratnya sedang dalam pengurusan di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Namun, menurut dia PT Pelindo setuju dan mendukung pembongkaran demi penataan Kota Gunungsitoli dan dia mengungkapkan PT Pelindo belum pernah mengikat kontrak dengan warga yang menempati bangunan di atas tanah PT Pelindo tersebut. “Kita tidak tahu kepada siapa mereka membayar sewa selama ini dan jika telah digusur akan kita bangun kantor di lokasi tersebut. *Inc-12