Walikota Binjai (nomor 2 dari kanan)

Binjai-Intainews.com:Walikota Binjai, HM Idaham melakukan rapat koordinasi dengan FKPD, Selasa 9 Oktober 2018, di Rumah Dinas Walikota membahas pengamanan dan kesuksesan pelaksanaan pemilu 2019.

Rapat koordinasi dihadiri Ketua KPU Binjai Hery Dani, Perwakilan Bawaslu Syainul Irwan, Dandim 0203/Lkt, Letkol Inf Deni Eka Gustiana, Kapolres, AKBP Donald P Simanjuntak, Kejari, Victor Antonius Sidabutar, Kepala BNNK, Joko Susilo, Sekda, Mahfullah Daulay, beserta seluruh jajaran OPD Pemko Binjai.

Walikota Binjai HM Idaham minta Bawaslu membentuk tim dan membuat SOP guna melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK). “Masalah penertiban APK saya berharap ada SOP yang jelas di buat Bawaslu. Dan buat timnya sehingga keputusan penertiban APK ada di bawah Bawaslu “ ujarnya.

Ketua KPU Kota, Binjai Hery Dani menjelaskan jumlah Daftar Pemilih Tetap di Binjai 173.272 orang. Masalah kampanye tahun 2014 dan sekarang berbeda, sekarang spanduk dan beliho di buat oleh KPU.

Pemasangan spanduk, baliho juga telah ditentukan di mana-mana tempat yang di perbolehkan dan tidak di perbolehkan, ukuran baliho dan spanduk juga telah ditentukan. .

Pihak Bawaslu Syainul Irwan mengatakan guna menciptakan pemilu yang kondusif pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI, dan Kejaksaan.

Kapolres Binjai AKBP, Donald P Simanjuntak mengatakan situasi politik semakin meningkat, khususnya menyangkut masalah kampanye hitam. Kemajuan IT banyak individu untuk kepentingan tertentu memanfaatkan media sosial menyampaikan informasi belum tentu kebenarannya, Donald memohon bantuan dari rekan-rekan untuk dapat mengantisipasi masalah ini

Dandim 0203/Lkt, Letkol Inf Deni Eka Gustina menyikapi, masalah penertiban APK, Bawaslu menyurati Kapolres dan Dandim untuk bersama-sama melakukan pembersihan.

“Kita berjalan bersama untuk menertibkan APK, saya imbau kepada masyarakat tidak mudah terprovokasi terhadap pemberitaan hoaks, kampanye hitam. Kami dari TNI sebelumnya juga sudah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu,” ujarnya. *inc.08