Medan-Intainews.com:Pemko Medan melalui Dinas Pariwisata berupaya membantu meningkatkan SDM seluruh pekerja usaha pariwisata di Kota Medan. Selain menambah wawasan dan kemampuan siap bersaing dengan tenaga kerja dari luar, diharap dapat membantu memajukan pariwisata.

Salah satu bantuan yang dilakukan dengan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pekerja Usaha Pariwisata di Hotel Garuda Plaza Medan (foto), Rabu 26 September 2018, dibuka Wali Kota Medan Dzulmi Eldin diwakili Kadis Pariwisata Agus Suriono.

“Tanpa SDM yang mumpuni dan kerja yang profesional, niscaya kita akan tertinggal dari pekerja usaha pariwisata wilayah lain yang terus gencar mempromosikan wilayahnya masing-masing,” kata Agus membacakan sambutan tertulis Walikota.

Bimtek, tambahnya, diisi dengan kelas teori dan praktik diharapkan dapat menjadi bekal bagi pekerja usaha pariwisata di Kota Medan sebelum menjalani uji kompetensi yang diisyaratkan oleh kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Ketua Ketua PHRI Kota Medan Deni S Wardhana menilai bimtek ini sebagai aplikasi menyikapi tuntutan zaman yang menghendaki profesionalisme dalam segala bidang, termasuk usaha pariwisata. Oleh karenanya seluruh pekerja usaha pariwisata wajib memiliki sertifikasi. *Inc-03