Akhyar Nasution (kiri) saat memimpin rapat

Medan-Intainews.com:Wakil Walikota Medan H Akhyar Nasution memimpin rapat pembentukan TRC-PB di Ruang Rapat II, Kantor Walikota Selasa 25 September 2018. Rapat dihadiri Komandan Batalyon Pangkalan I Belawan, Letkol Marinir, James Munthe, M Tr Hanla, Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring, Perwakilan Kodim 0201/BS, Perwakilan Kapolrestabes Medan, Perwakilan Basarnas Sumut, dan Sejumlah Pimpinan OPD lingkungan kota Medan.

Rapat membahas persiapan Pemko Medan membentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana (TRC-PB). Kehadiran Tim ini nantinya dapat melaksanakan pengkajian secara cepat dan tepat di lokasi bencana dalam waktu tertentu dengan mengidentifikasi cakupan lokasi bencana.

Dikatakan Wakil Walikota, harus ada sebuah penelaahan mengenai pemukiman di pinggiran sungai, karena kini warga sudah banyak yang mendiami daerah pinggiran sungai bahkan sudah sampai ke badan sungai.

“Ada beberapa hal yang harus ditinjau ulang sebelum dibentuk TRC-PB Kota Medan, salah satunya kawasan yang sering dilanda bencana banjir di sepanjang sungai Deli dan sungai Babura. Artinya banyak warga yang bermukim di bantaran sungai jika terjadi hujan deras di kota Medan maupun di gunung terendap karena sungai meluap dan warga yang bermukim di bantaran sungai,” jelas Ir Akhyar.

Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring menjelaskan bahwa TRC-PB ini diperlukan Kota Medan untuk penanganan bencana yang lebih cepat dan terpadu. Selain itu keberadaan tim ini juga akan semakin mempermudah jika ada bantuan dari BNPB untuk penanggulangan bencana di Kota Medan. *Inc-03