Plt Bupati Labuhanbatu (kiri) didampingi Kadis Kelautan dan perikanan saat meninjau stand peserta pemasak ikan

Rantauprapat-Intainews.com:Dinas Kelautan Perikanan Labuhanbatu menggelar perlombaan memasak serba ikan tingkat Kabupaten yang ke-2 tahun 2018 di Gedung Kesenian Rantauparapat, Rabu 19 September 2018. Lomba menu serba ikan meningkatkan konsumsi ikan.

Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT mengatakan tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah, hanya 31,4 kg perkapita/tahun pada tahun 2016. Artinya berada pada peringkat ke-5 Asean, target Pemerintah Indonesia tahun 2019 54,5 kg perkapita/tahun.

“Masyarakat Labuhanbatu perhari membutuhkan sekitar 30 ton ikan yang diimpor dari wilayah luar, maka saya minta kepada seluruh dinas terkait agar mengambil langkah, tahun depan silakan masukkan anggaran untuk pembudidayakan benih ikan. Sehingga kita tidak perlu lagi impor ikan dari wilayah luar Labuhanbatu,”ungkapnya.

Kepala Dinas Kelautan & Perikanan Labuhanbatu Ir Jumingan menjelaskan perlombaan memasak serba ikan ini dilaksanakan secara berjenjang. Mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional dan perlombaan ini merupakan perlombaan di tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

Peserta perlombaan masak serba ikan ini diikuti 9 Kecamatan. Masing-masing kecamatan berjumlah 2 peserta dan peserta kehormatan yakni Ketua TP-PKK Labuhanbatu Ny H Rosmaidar Andi Suhaimi Dalimunthe. Pemenang perlombaan ini akan diikutsertakan di perlombaan tingkat provinsi. *Inc- 05