Medan-Intainews.com | Sebanyak 100 Pelatih dan Wasit ambil bagian pada Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepelatihan yang digelar Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan, Senin (9/12).

Diklat Kepelatihan yang digelar guna meningkatkan Potensi dan Kemampuan Pelatih serta menanamkan ilmu pengetahuan dasar tentang perkembangan kondisi fisik olahraga ini dibuka oleh Sekretaris Dispora Azzam Nasution yang mewakili Plt Wali Kota Medan.

Dengan tema Pendidikan dan Pelatihan Kondisi Fisik Cabang Olahraga, Diklat yang digelar selama empat hari dari tanggal 09 sampai 12 Desember 2019 ini menghadirkan narasumber diantaranya dari Universitas Negeri Medan, Dr Imran Ahmad.

Dalam sambutannya, Sekretaris Dispora Azzam Nasution mengatakan pembangunan di bidang olahraga tentunya kita tidak hanya fokus pada satu aspek saja yakni menciptakan atlet-atlet berprestasi asli daerah, tetapi Atlet yang berprestasi tentunya akan lahir dari tangan-tangan berkualitas yang melatihnya hingga mampu berprestasi. Artinya Pelatih mempunyai peranan yang sangat penting dalam suksesnya sebuah pertandingan yang dihadapi Atletnya.

“Demi mencapai tujuan menjadikan Kota Medan sebagai Kota Atlet yang memiliki basis Atlet berkualitas, Kita juga harus menjadi basis pelatih yang berkualitas pula. Artinya Sinergi antara Atlet dan Pelatih inilah yang harus dibangun, jangan hanya mengharapkan atlet yang berprestasi saja namun juga pelatih yang mampu dan mumpuni membimbing serta membina Atletnya tersebut agar menjadi bintang lapangan”, kata Sekretaris Dispora.

Menurut Sekretaris Dispora, Kegiatan ini menjadi penting karena merupakan bagian dari program unggulan Kemenpora yakni Pelatihan 100 Ribu Pelatih, Wasit dan Juri dalam rangka menaikkan level Lisensinya.

“Begitu juga dengan kedudukan wasit yang mengatur jalanya pertanyaan, kita memang memerlukan wasit yang tegas dan paham akan posisinya sebagai penentu pertandingan dan mengawal pertandingan agar tetap pada Rulenya. Artinya Kota Medan juga harus mampu menjadi kota yang memiliki basis wasit yang handal, sportif dan mampu bertindak adil saat pertandingan berlangsung”, jelasnya.

Selanjutnya Sekretaris Dispora berharap para Pelatih dan Wasit yang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan ini agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bersungguh-sungguh. Sebab di tangan Pelatih dan Wasit akan lahir pondasi besar bagi masa depan olahraga Kota Medan.

Sebelumnya Ketua Panitia, Kasi Standarisasi Keolahragaan, Dispora Medan, Yon Alferi S.pd, menjelaskan bahwa Diklat ini bertujuan untuk menanamkan ilmu pengetahuan dasar perkembangan dan peningkatan kondisi fisik cabang olahraga. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan dan mutu Pelatih dan Wasit di Kota Medan.

“Kegiatan ini juga untuk memotivasi pelatih pada klub olahraga sekolah serta Pengcab dan Klub lainnya sekaligus menyampaikan ilmu yang didapat dalam pelatihan ini kepada atlet dan lainnya guna melahirkan prestasi”, jelasnya. *inc-kyb