MANTAN Kapolres Binjai AKBP M Rendra Salipu Sik MSi yang mulai bertugas 2016, banyak meninggalkan sejarah buat Kota Binjai. Sosok kepemimpinannya untuk menjaga ketenteraman Kota Binjai masih melekat, sampai beliau pindah tugas dari Kota Rambutan pada 2017 sampai saat ini.

Banyak kesan dan pesan yang disampaikan AKBP M Rendra Salipu pada masyarakat Kota Binjai selama beliau memimpin di Polres Binjai. Mulai dari berolahraga lari, patroli bersepeda setiap pagi, sampai Salat Subuh berjamaah di setiap sudut Kota Binjai.

Sejak pindah bertugas, masyarakat sangat kehilangan kepemimpinan sosok seperti Bapak AKBP Rendra Salipu, yang sampai saat ini belum ada penggantinya.

“Kami sebagai masyarakat biasa sangat kehilangan pemimpin penegak hukum di kota ini, yang biasanya setiap pagi kami selalu di sapa akrab dengan senyum yang ramah, terkadang bapak itu sering memberi kami sarapan pagi. Setiap Jumat kami diberi sembako dan banyak lagi yang diberikannya kepada kami, sepanjang hidup saya baru kali ini ada orang berpangkat tinggi yang mau makan barsama dengan kami orang biasa. Hanya do’a yang bisa kami persembahkan untuk bapak Rendra Salipu, semoga sukses dan senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT,” cetusnya sambil menundukkan kepalanya.

Bicara tentang AKBP M Rendra Salipu, pria kelahiran Ambon, 31 Mei 1975 itu, merupakan sosok pemimpin yang memiliki kepribadian yang sangat baik, disiplin dan disegani. Dia disegani bukan karena kegagahannya, namun etika berbicaranya yang sopan dan pribadinya yang sangat peduli dengan masyarakat.

Tidak sedikit masyarakat di Binjai menyapanya, apabila melihat ia sedang olahraga maupun berpatroli sepeda di Binjai. Walaupun seorang pejabat struktural di Korps Bhayangkara, ia tidak sombong.

Perwira melati 2 di pundaknya itu tidak segan berhenti, dan menyapa serta bertemu dengan masyarakat secara langsung.

Beliau AKBP M Rendra Salipu yang menjabat Kasubaq Dalops Bagops Korbrimbob Polri dan di perbantukan Wadansatgas Papua sampai sekarang. Dan kini telah terbit ST/3232/XII/KEP/2019, dimana AKBP M Rendra Salipu dipromosikan dan diberi amanah menjabat sebagai Dansat Brimob Polda Kepulauan Riau (Kepri).

Beliau menggantikan Kombes Pol Christiyanto Goetomo. Dalam surat tersebut dalam 14 hari kedepan, beliau sudah bertugas di Kepulauan Riau. Dalam tugas ditempat yang baru, semoga beliau tetap dalam lindungan Allah SWT dan tetap menjadi pemimpin yang bijak sana serta amanah. Amin ya robbal alamin.*inc-mgl