Ilustrasi. Istimewa

“Kepada para calon kepala desa, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk memajukan desa lebih baik dan sejahtera.” 

Medan-Intainews.com:Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa [PM D] Sumatera Utara [Sumut] sekitar 1.239 desa segera menggelar pemilihan kepala desa [Pilkades]. “Jangan sampai ada friksi, karena dapat merusak hubungan kekeluargaan di desa,” kata Kepala Dinas PMD Sumut Aspan Sopian Batubara, Minggu 20 Oktober 2019.

Jumlah 1.239 desa tersebut tersebar di 9 kabupaten, yakni Asahan dengan jumlah 47 desa yang akan Pilkades Desember mendatang. Kemudian Dairi dengan 33 desa yang akan digelar tengah November 2019, Tobasa 105 desa Pilkades Desember 2019.

Berikut Nias Selatan [Nisel] dengan 459 desa November mendatang, termasuk Padang Lawas Utara [Paluta], 169 desa akan ada pesta demokrasi di desa-desa bulan depan.

Sedangkan dalam waktu dekat, akhir Oktober mendatang, ada sekitar tiga kabupaten yang akan segera melaksanakan Pilkades. Yakni Samosir 96 desa, Serdangbedagai [Sergai] 121 desa, serta Kabupaten Padang Lawas [Palas] 100 desa.

Dari jadwal Pilkades di beberapa kabupaten tersebut, Kepala Dinas PMD Sumut Aspan Sopian Batubara berharap agar sosialisasi aturan pelaksanaan pilkades telah dan terus berjalan maksimal. Baik panitia dan masyarakat tentu harus memahami ketentuan yang berlaku.

Khususnya kepada para calon yang akan bersaing. “Kepada para calon kepala desa, tentunya diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman untuk memajukan desa lebih baik dan sejahtera ke depan, dan tentunya bermartabat,” ujar Aspan Sopian.

Jadi, tambahnya jangan hanya karena pilkades, terjadi pertentangan pendapat yang mengganggu sendi kehidupan di desa,” kata Aspan. *Inc-04