Kadis PMD-PPA Henri Silalahi

Tobasa-Intainews.com:Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Perempuan dan Perlindungan Anak [PMD-PPA], Kabupaten Toba Samosir [Tobasa], Sumatera Utara, Henri J Silalahi menjelaskan, 105 Desa akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa [Pilkades] serentak 5 Desember 2019 mendatang.

Sejummlah 105 Desa itu, katanya, tersebar di 16 Kecamatan di Kabupaten Tobasa. Semua Kecamatan melaksanakan Pilkades. Demikian dijelaskan Henri Silalahi, menjawab pertanyaan Wartawan di kantornya, Rabu 16 Oktober 2019.

Tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkades kata Henri, sudah diselesaikan, pendataan pemilih, pencalonan sudah dilaksanakan, tinggal menunggu tahapan kampanye para Calon kepala desa.

“Ini pertama kali pelaksanaan Pilkades serentak jumlah banyak, dimana sebelumnya, tahun 2017 sebanyak 85 desa serentak pemilihan,” ungkapnya. Tentang pelaksanaan Pilkades, tambah Henri, sifatnya mandiri, dilaksanakan sepenuhnya oleh desa. P2KD membuat dan mengajukan proposal kepada Bupati, kemudian melaksanakan pemilihan.

Diakuinya, pihaknya tidak boleh mengintervensi pesta demokrasi desa ini. Pihaknya,hanya sebatas melakukan monitoring pelaksanaan. Sepenuhnya, mutlak dilaksanakan desa dengan panitia yang telah dibentuk yakni P2KD.

Tentang syarat calon yang dibolehkan dari luar daerah atau luar desa, Henri menuturkan, peraturan memang telah membolehkan seseorang calon yang berasal dari domisili manapun, sepanjang memenuhi syarat calon oleh panitia. “Jadi, tidak ada lagi pembatasan domisili dan tempat tinggal calon yang akan mengikuti Pilkades,” katanya. *Inc-15