Nagan Raya-Intainews.com:Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan kegiatan Sosialisasi penerimaan calon prajurit TNI-AD, baik Taruna/Taruni Akademi Militer, Bintara Prajurit Karier dan Tamtama [foto[. Demikian disampaikan Dandim 0116/Nagan Raya, Letkol Kav Nanak Yuliana, S.E, M.M. dalam keterangan tertulisnya, Senin 15 Juli 2019.

Menurut Dandim, salah satu jajarannya yang melaksanakan sosialisasi ini adalah Koramil 04/Seunagan. Dalam sosialisasi ini agar siswa mendapat gambaran tentang kegiatan ini, diawali dengan pengenalan profesi TNI AD melalui pemutaran video.

“Kegiatan ini diberikan langsung Danramil 04/Seunagan, Kapten Inf T Saiful Bahri, dilaksanakan pada Senin [15/7] pagi, agar siswa-siswi di SMA tersebut mendapatkan informasi yang jelas dan benar tentang penerimaan prajurit TNI,”ujarnya.

“Siswa-siswi yang ingin menjadi prajurit TNI dapat mempersiapkan diri baik fisik dan mental, sehingga mampu melalui setiap tes yang diikuti untuk menjadi prajurit TNI,” ucapnya. Dilanjutkannya, pihaknya juga memberikan tes dan simulasi fisik, agar para siswa mempunyai gambaran pada saat nanti mengikuti tes.

Ia juga membeberkan yang akan dihadapi untuk masuk prajurit TNI terdiri dari tes kesegaran A yakni lari dan kesegaran B meliputi Shit Up, Pull Up, Push Up dan Shuttle Run. “Semuanya harus dilaksanakan dan harus mendapat standar nilai yang telah ditentukan,” jelasnya.

Sementara itu Danramil Seunagan, Kapten Inf T Saiful Bahri menegaskan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam memberikan informasi yang benar kepada para pemuda. “Untuk masuk menjadi prajurit TNI, tidak dipungut biaya. Jika ingin lulus menjadi prajurit TNI, persiapkan diri dengan matang,” jelasnya.

Salah satu siswa, Rosdiana [18] mengucapkan, terima kasih dengan adanya sosialisasi penerimaan Prajurit TNI. “Dengan sosialisasi ini, saya bersama teman-teman menjadi tahu persyaratan menjadi prajurit TNI dan berharap agar siswa/siswi alumni MAN 1 Seunagan bisa menjadi prajurit,”pungkasnya. *Inc-09