Sergai-Intainews.com:Pemkab Serdangbedagai (sergai), Sumatera Utara mensosialisasi dan revitalisasi peran Komite sekolah tahun 2019, di Pantai Pondok Permai Kecamatan Pantai Cermin, Rabu 10 April 2019 (foto).

Menurut Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan, S.IP, terkait Permendikbud 75 tahun 2016, jelas peraturan ini lahir bukan untuk melemahkan peran komite sekolah, justru semakin memperkuat peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Dijelaskannya, hal tersebut tidak hanya menyangkut aspek belajar mengajar, namun memperkuat manajemen dan kepedulian pada lingkungan sekolah. Apalagi Dinas Pendidikan Sergai baru meluncurkan buku inspirasi berjudul “Gerakan Green, Clean, Life (GCL)”. Buku ini mewujudkan inovasi pendidikan sesuai visi Sergai, unggul, inovatif, berkelanjutan.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan, komite sekolah intinya bertujuan membantu, memberi masukan dan mengawasi pelaksanaan pendidikan di tempatnya berada. Komite sekolah independen dan tidak diisi oleh orang dinas terkait, hanya diisi oleh tokoh agama dan masyarakat.

“Marilah kita coba konsentrasi revitalisasi ini adalah satu untuk semua, semuanya untuk satu, yaitu meningkatkan kualitas kependidikan di Sergai. Untuk itu diperlukan kepedulian, persatuan dan kesatuan menjaga agar daerah kita ini senantiasa kondusif, aman dan tenteram,” ungkap Bupati.

Sementara Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM menyebutkan, ssosialisasi dan revitalisasi peran Komite Sekolah dilaksanakan sehari dihadiri seribu lebih peserta berasal dari unsur Korwilcam Pendidikan, kepala sekolah SD/SMP Negeri dan Swasta serta komite sekolah se-kabupaten Sergai.

Selanjutnya dalam paparan berjudul “Revitalisasi Peran Komite Sekolah”, tuntutan global keterampilan siswa abad 21 yaitu berfikir kritis, pemecahan masalah, inovatif dan kreatif, teknologi informasi, komunikasi dan multi bahasa yang kesemuanya berdampak pada cara pembelajaran guru dan pemenuhan fasilitas belajar di sekolah. *Inc-14