Ilustrasi. Kesibukan di Disdukcapil Aceh, saat pemotretan KTP-el. Foto Istimewa

Nagan Raya-Intainews.com:Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh 12 hari terakhir dijabat Pelaksana Harian (Plh). Dikarenakan Kepala Disdukcapil depenitif Drs Raja Sayang sedang dalam persiapan masuk masa pensiun.

Hal itu dikatakan Sekertaris Disdukcapil yang merangkap Plh Disdukcapil Sofyan Sarung SE. Menurutnya, jika tidak adanya Kadis depenitif terganjal pada penandatanganan akte, seperti akte kelahiran maupun akte kematian.

Sementara itu, menjelang Pemilihan Umum April mendatang telah keluar larangan untuk melakukan pelantikan dari pemerintah. Sehingga hal ini menurutnya menjadi dilema. Sedangkan SK Menteri sampai saat ini belum ada, sehingga tidak dapat dilakukan pelantikan terhadap pejabat baru yang akan menggantikan.

Dampaknya, mengakibatkan sejumlah pengurusan akte tidak dapat ditanda tangani dan terganjal pengurusannya. Kalau untuk pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), menurut Sofyan tidak ada kendala. *Inc-09