Siantar-Intainews.com:Sejumlah 77 orang pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemko Pematangsiantar dilantik, Selasa 5 Maret 2019 (foto). Pelantikan dipimpin Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah diwakili Wakil Walikota Togar Sitorus, di Ruang Data Setdako Jalan Merdeka No6 Siantar

Dari 77 pejabat yang dilantik, 6 orang merupakan pimpinan tinggi pratama (Eselon II.b), 16 orang pejabat administrator (Eselon III.a) yang 2 di antaranya camat, 11 orang pejabat administrator (Eselon III.b), 28 orang pejabat pengawas (Eselon IV.a) yang 3 di antaranya lurah, serta 16 orang pejabat pengawas (eselon IV.b).

Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah dalam sambutan yang dibacakan Wakil Walikota Togar Sitorus SE MM mengatakan, pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jabatan merupakan bagian dari kegiatan di dunia birokrasi. Tujuannya, menempatkan orang-orang yang memiliki kompetensi, sehingga dapat memerlancar tugas-tugas kedinasan yang ada, serta menjalankan roda pemerintahan.

Oleh sebab itu, diperlukan rangkaian proses penetapannya. Dalam hal pejabat pimpinan tinggi pratama, sambungnya, ASN yang saat ini diangkat dalam jabatan pimpinan tinggi pratama telah melalui rangkaian proses panjang, mulai assessment, wawancara, sampai terbitnya persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Khususnya kepada Saudara-saudara yang dilantik pada hari ini, ingatlah bahwa Saudara yang sudah dilantik di dalam jabatan ini memiliki tanggung jawab yang besar kepada kepala daerah dalam mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Mantap, Maju, dan Jaya,” katanya.

Kerjakanlah jabatan dengan penuh komitmen, tanggung jawab, dan integritas melalui pemberian pelayanan yang profesional dan berkualitas. Lalu, senantiasa belajar untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas diri. Kemudian, menciptakan inovasi-inovasi dalam bidang tugas sehingga menghadirkan proses pengerjaan tugas yang lebih baik dan sederhana.

“Terimalah jabatan ini sebagai amanah dari Tuhan yang Maha Kuasa untuk dijaga, dikerjakan, dan dapat dipertanggungjawabkan baik kepada atasan langsung, masyarakat, dan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” tukasnya.

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemko Pematangsiantar dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi pratama, administrator, dan pengawas di lingkungan Pemko Pematangsiantar berdasarkan Surat Keputusan Walikota Pematangsiantar.

Tampak hadir dalam acara pelantikan tersebut yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari AP, para staf ahli, para asisten, dan keluarga pejabat yang dilantik. *Inc-01