Nias-Intainews.com:Sejumlah 286 anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kabupaten Nias, Sumatera Utara mengikuti sosialisasi/pelatihan dan pembekalan. Kegiatan dibuka Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli di auka kantor camat Gido, Kabupaten Nias, Jumat 1 Maret 2019 (foto).

Nias mengatakan jika pelaksanaan sosialisasj/pelatihan dan pembekalan merupakan bentuk apresiasi dan dukungan Pemerintah Kabupaten Nias terhadap pelaksanaan pemilihan umum serentak. “Tujuan kita melakukan sosialisasi/pelatihan dan pembekalan adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan linmas dalam menjaga ketentraman, ketertiban dan keamanan di tempat pemungutan suara,” terangnya.

Tidak lupa dia berpesan kepada anggota linmas untuk tetap menciptakan kerjasama dengan instansi terkait, serta selalu bersinergi dengan aparat penegak hukum baik sebelum maupun sesudah pemilu terselenggara.

Untuk diketahui, dari data yang diberi panitia diketahui jika linmas yang mengikuti sosialisasi/ pelatihan dan pembekalan berjumlah 286 orang, yang bertugas menjaga TPS di rayon I yang melingkupi Kecamatan Gido, Kecamatan Sogae,adu, Kecamatan Mau dan Kecamatan Somolomolo.

Jumlah anggota linmas di Kabupaten Nias seluruhnya 862 orang, dan seluruh linmas tersebut dibagi dalam tiga rayon. Setiap TPS dijaga oleh dua orang Linmas, dan Linmas yang berjumlah 862 orang akan menjaga 431 yang tersebar di 10 kecamatan atau 170 desa yang ada di Kabupaten Nias. *Inc-12