Kisaran-Intainews.com:Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, H Rahmad Hidayat Siregar S.Sos M,Si mewakili Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang, secara resmi membuka sosialisasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diadakan di aula cafe resto Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (foto).

Saat membacakan Pidato Bupati Asahan, Kadis Kominfo menyambut baik sosialisasi UKW hari ini dan mendukung pelaksanaan UKW yang akan digelar digelar 4-5 Maret 2019. UKW dapat memperkaya wawasan, rekan-rekan yang belum mengikuti UKW diharapkan dapat mengikutinya, agar lebih beretika, bermartabat dan profesional.

Selain itu dengan UKW diharapkan kualitas penyebaran informasi pembangunan Pemkab Asahan lebih baik. Pemkab Asahan siap mendukung program -program wartawan dengan harapan wartawan lebih profesional dan sejahtera.

Sementara itu Wakil Ketua PWI Sumut, Rizal Surya mengatakan belum semua pemerintah Kab/Kota di Sumut yang menganggarkan dana UKW. Sejak awal Februari 2019, Pemprovsu menjalankan kebijakan bagi wartawan yang belum berkompeten tidak diperbolehkan ngepos di kantor Pemprovsu. Untuk itu kepada teman-teman pers kita imbau agar mengikuti UKW.

Rizal menyampaikan yang harus diikuti dalam UKW yakni memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ), merencanakan liputan, rapat redaksi, mencari liputan terjadwal (konferensi pers), wawancara cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita sendiri, wawancara tatap muka dan menyiapkan isi rubrik.

Dalam kesempatan tersebut, Rizal mencontohkan menulis berita yang baik, misalnya kejadian asusila yang menimpa anak di bawah umur (-18). “Kita tidak boleh menuliskan identitas korban, orang tua korban dan alamat korban secara detail. Ini dilakukan untuk melindungi anak di bawah umur,” ujar Rijal

Selain itu, Rizal juga mengatakan membahas tentang “hak tolak” yakni menyembunyikan identitas nara sumber yang kridibel. Yang pasti kata Rizal, untuk memulai menulis berita dimulai dengan niat baik dan Insya Allah hasilnya baik.

Ketua panitia, Awaluddin dalam laporannya mengatakan kegiatan sosialisasi ini digelar PWI Asahan. Kegiatan ini bertujuan untuk menyongsong pelaksanaan UKW yang akan digelar tanggal 4-5/3/2019. Kegiatan ini juga sebagai rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019.

Sebelumnya PWI Asahan telah melaksanakan penandatanganan MOU dengan STMIK Royal dan menggelar lomba menulis berita. Ketua PWI Asahan, Indra Sikumbang SH mengatakan saat ini siapa saja bisa menjadi wartawan. Namun hari ini ada perbedaan dalam melaksanakan profesi sebagai wartawan yakni harus memiliki kompetensi yaitu melalui UKW.

UKW bertujuan untuk melindungi kepentingan publik, melindungi wartawan, menghindarkan penyalahgunaan profesi dan mengangkat harkat dan martabat wartawan. “Mari kita jaga profesi wartawan sesuai UU No 40 tahun 1999 tentang Pers, KEJ serta mengikuti UKW,” ucap Awaluddin. *Inc-10