Walikota Siantar( No.6 dari kiri), foto bersama mengacungkan jempol

Siantar-Intainews.com:Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Kelurahan Siantar Selatan diharapkan mampu mengakomodir seluruh aspirasi masyarakat. Harapan itu disampaikan Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah saat membuka Musrenbang Kecamatan Siantar Selatan, Senin 25 Februari 2019.

Dikatakan Hefriansyah, Musrenbang merupakan upaya bersama antara masyarakat dan pemerintah kota dalam menyelenggarakan musyawarah membahas program kerja serta pembangunan, khususnya pembangunan infrastuktur di wilayah masing-masing.

“Musrenbang yang kita laksanakan mengacu pada Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 yang menjelaskan mengenai rencana pembangunan yang melibatkan masyarakat sebagai pelaku utama untuk melaksanakan pembenahan pembangunan,” terang Hefriansyah.

Selain itu, mengacu pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, yang mengamanatkan perencanaan pembangunan daerah harus melalui mekanisme Musrenbang yang berbasis elektronik dengan fasilitas e-planning Pemerintah kota melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi. Dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Masih kata Hefriansyah, mekanisme Musrenbang 2019 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini mekanismenya yaitu usulan pada Musrenbang mulai tingkat kelurahan sudah diselaraskan dengan rancangan awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD). Juga sudah di-input ke aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan.

Camat Siantar Selatan Naek Tambunan berharap peserta Musrenbang agar benar-benar aktif memberikan masukan. Sebab Musrenbang ini bukanlah seremonial. “Musrenbang digelar untuk merencanakan pembangunan dan kemajuan daerah,” terang Naek.

Musrenbang juga dihadiri para stakeholder dan mitra kerja, yakni Kapolsek serta Danramil, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kepala Puskesmas, pengurus Karang Taruna, Ketua Tim Penggerak PKK, perwakilan OPD terkait, serta para peserta lainnya.*Inc-01