Kepala BPD Soewe (baju hijau) didampingi Skeretaris BPD

Nias-Intainews.com:Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Soewe, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias, Sumatera Utara meminta kepada Bupati Nias untuk membina dan mengevaluasi kinerja Kepala Desa Soewe, Kecamatan Gido, Kabulaten Nias.

Permintaan pembinaan dan evaluasi terhadap kepala Desa Soewe disampailan Ketua BPD Soewe Agusman Bate, e, melalui surat resmi yang dilayangkan kepada Bupati Nias tanggal 21 Januari 2019. Ketua BPD Soewe Agusman Bate, e, Selasa 19 Februari 2019 membenarkan telah melayangkan surat permintaaan agar kepala desa Soewe dibina dan dievaluasi oleh Bupati Nias.

Permintaan pembinaan dan evaluasi dilayangkan karena kepala desa Soewe membatalkan penjaringan dan hasil penjaringan aparat desa Soewe yang telah dilaksanakan panitia penjaringan pada bulan Desember 2018. Kepala desa Soewe juga tidak mematuhi atau mengindahkan surat rekomendasi camat Gido untuk melakukan pelantikan kepada aparat desa Soewe terpilih Arianus Ndraha, SE.

Sehingga atas perbuatannya, kepala desa Soewe dianggap merugikan negara karena penjaringan aparat desa menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) melanggar peraturan daerah nomor 3 tahun 2016 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa di Kabupaten Nias.

Kepala desa soewe, kecamatan gido, kabupaten Nias Mariyono Laoli yang dihubungi beberapa kali belum mau memberikan alasan mengapa dia tidak mau melantik aparat desa soewe terpilih walau direkomendasikan camat untuk dilantik. *Inc-12