Masyarakat saat unjukrasa terkait limbah rumah sakit

Gunungsitoli-Intainews.com:Penanganan kasus limbah rumah sakit swasta Bethesda di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara ditangani oleh penyidik Polisi Daerah Sumatera Utara (Poldasu). “Kasus limbah rumah sakit Bethesda sudah ditangani penyidik Polda Sumut dan tidak mungkin double yang menangani,” terang Ahmad Fahmi.

Kepala unit tindak pidana korupsi Polres Nias Ipda Ahmad Fahmi, SH menyebutkan hal itu ketika mendampingi Wakil Kapolres Nias Kompol Elizama Zalukhu saat menerima unjukrasa masyarakat yang mengatasnamakan diri aliansi masyarakat pedui Kepulauan Nias, Senin 18 Februari 2019 (foto).

Dia berjanji penyidik Polres Nias akan tetap berkoordinasi dengan penyidik Polda Sumut mengenai penanganan kasus limbah RS Bethesda. “Kita akan tetap berkoordinasi dengan penyidik Polda Sumut, dan jika dibutuhkan, penyidik Polres Nias akan membantu mereka, ” ucapnya.

Sebelumnya ratusan masyarakat Kepulauan Nias, Sumatera Utara melakukan unjuk rasa. Koordinator aksi Heppy Gea mendesak Polres Nias untuk mengusut tuntas kasus pembuangan limbah rumah sakit swasta Bethesda di pemukiman penduduk.

Bahkan dia mengungkapkan jika personel unit tindak pidana tertentu Polres Nias sempat mengamankan supir dan mobil milik RS Bethesda ketika membuang limbah di Desa Simanari, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli.

Namun kasus terkesan dipetieskan oleh penyidik Polres Nias. Padahal pembuangan limbah cair dan padat rumah sakit Bethesda di pemukiman penduduk secara sembarangan dapat merusak lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Kita akan memberi bukti outentik kepada Polisi supaya kasus pembuangan limbah RS Bethesda secara sembarangan menjadi perhatian dan terbukti ada rumah sakit swasta di Kota Gunungsitoli yang tidak memiliki intalasi pembuangan air limbah (IPAL) dan membuang limbah sembarangan,” ungkap Koordinator aksi Heppy Gea.

Dia mengatakan pembuangan limbah RS Bethesda secara sembarangan menjadi persoalan serius dan harus jadi fokus Kapolres Nias sebab masyarakat ingin Kota Gunungsitoli aman dari penyakit. *Inc-12