Nagan Raya-Intainews.com:Sepuluh orang keuchik (kepala desa) yang diberhentikan oleh bupati mengadakan aksi demo damai di depan kantor Bupati Nagan Raya Provinsi Aceh, di Komplek Perkantoran Suka Makmur Selasa 12 Februari 2019 (foto).

Kodinator Keuchik Simpang Peut Kecamatan Kuala dalam aksi demo tersebut meminta  agar dapat masuk ke dalam halaman kantor bupati untuk melakukan aksinya. “Bupati dipilih masyarakat, sama seperti keuchik yang juga dipilih masyarakat,” ujar orator menyampaikan orasinya.

Menurut para keuchik, terkait pemberhentiannya sama sekali tidak mengetahui alasanya. Pemberhentian sepihak tersebut terkesan mengecewakan. Massa Keuchik bersama-sama mendesak agar bupati dapat menjawab alasan pemecatan tersebut.

Setelah melalui perundingan ditengahi pihak kepolisian, sejumlah perwakilan keuchik yang unjuk rasa bersedia melakukan pertemuan dengan Sekertaris Daerah (Sekda) TR Jauhari. Pertemuan dilakukan di aula kantor Bupati.

Setelah melalui berbagai pendapat dari kedua belah pihak, Sekda menyatakan, pemberhentian keuchik tersebut telah sesuai dengan tahapan dan prosedur. Menurutnya, jika masih ada yang merasa tidak nyaman dengan pemberhentian itu dapat melalui peroses hukum. *Inc-09