Nias-Intainews.com:Tujuh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Nias, Sumatera Utara mendapat penghargaan sebagai ASN terbaik dan berprestasi di Kabupaten Nias tahun 2018. Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM pada upacara yang digelar di lapangan Merdeka, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Senin 4 Februari 2019 (foto).

Sebelum penyerahan reward di lapangan Merdeka, Kota Gunungsitoli, Senin, Bupati Nias memberitahu jika pemberian penghargaan dan reward merupakan bentuk apresiasi kepada ASN atas hal-hal terbaik yang telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai indikator penilaian.

Sebelum penyerahan penghargaan berupa piagam, plakat dan laptop, Bupati Nias memberitahu jika Indikator penilaian ASN terbaik adalah kedisiplinan, kinerja, produktivitas kerja, kreativitas dan inovatif, siergitas loyalitas, kompetensi, pengembangan diri dan keteladanan.

Indikator tersebut menurut dia tidak mudah untuk mendapatkannya, maka penghargaan yang diterima harus bisa dijadikan motivasi untuk berkarya lebih baik ke depan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Penghargaan yang diberikan kepada para ASN tersebut menurut dia merupakan sebuah tanggungjawab, karena orang lain dan masyarakat akan menilai lebih lanjut bagaimana implementasi atau bukti dari prestasi dan kinerja ketujuah ASN penerima penghargaan dilingkungan kerja maupun dalam kehidupan masyarakat.

Ketujuh penerima penghargaan sebagai ASN terbaik dan berprestasi di Kabuoaten Nias adalah Dr Hotman Purba yang bertugas sebagai kepala bidang pelayanan di Rumah Sakit Umum Gunungsitoli.

Kemudian Vikar Damai Setia Gea yang bertugas di Dinas Perhubungan Kabupaten Nias, Rini Kurniawati Ndruru yang bertugas di UPT Puskesmas Bawalato, Kabupaten Nias, Agusmar Zalukhu yang bertugas di Bagian Hukum sekretariat daerah Kabupaten Nias.

Elman Perwira P Nazara bertugas sebagai sekretaris kecamatan Hiliduho, Kabupaten Nias, Honoratus Selamat Dawolo yang bertugas di Badan Kepegawaian Daerah, Kabupaten Nias dan Albert Charisty Laoli yang bertugas di badan pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten Nias.

Dr Hotman Purba Kabid Pelayanan RSU Gunungsitoli ASN terbaik dan berprestasi peringkat pertama yang ditemui Jumat 8 Februari 2019 mengatakan, jika secara individu dia sangat senang dan bangga. Tetapi di satu sisi penghargaan tersebut menjadi beban moral bagi dia ke depan, karena dia harus bisa mempertahankan atau bisa lebih baik ke depan.

“Selama ini saya tidak ada target atau tujuan untuk mendapat penghargaan dalam melaksanakan pekerjaan, dan hanya bekerja sebagai ASN dengan disiplin sesuai aturan dan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Dia memang mengetahui ada penilaian ASN terbaik dan berprestasi, tetapi tidak menyangka jika dia terpikih sebagai terbaik pertama, dan prinsipnya dalam bekerja sangat sederhana yaitu bekerja sesuai aturan dan peraturan, punya integritas dan loyalitas kepada pimpinan serta tidak ada motivasi untuk mengejar jabatan atau uang.

Setelah mendapat penghargaan, dia berjanji akan berbuat lebih baik ke depan, karena dia akan merasa malu secara pribadi dan keluarga apabila kelak tidak bisa berkinerja dengan baik, sebab predikat ASN terbaik menjadi beban moral bagi dia.

Tidak lupa dia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Nias dan tim seleksi yang telah memberikan kepercayaan kepada dia sebagai ASN terbaik di Kabupaten Nias tahun 2018. *In-12