Ketua Panitia Pilkades, Trisman Harefa

Gunungsitoli-Intainews.com:Panitia Pemilihan Kepala Desa (Kades) Hilimbowo Olora, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara terus melanjutkan tahapan pilkades.

Hingga saat ini panitia Pilkades di Desa Hilimbowo Olora belum menerima petunjuk dari Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk meninjau ulang atau memghentikan tahapan. Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Pilkades Desa Hilimbowo Olora Trisman Harefa ketika ditemui, Sabtu 24 November 2018.

Menurut Trisman tahapan pilkades di desa Hilimbowo Olora telah sampai tahapan penyerahan nama-nama tim kampanye kedua pasangan calon kepala desa yang lolos. Calon kepala desa yang lolos pada tahapan selanjutnya adalah Tonazaro Harefa dan Mei Fiktor Jaya Harefa, sedangkan dua calon yang tidak lolos adalah O’ozisokhi Harefa dan Fotodo Harefa.

“Kedua calon tersebut tidak lolos karena laporan masyarakat, dan setelah dilakukan verifikasi kelengkapan adminitrasi keduanya tidak lengkap,” jelasnya. Pada O,ozisokhi Harefa yang tidak lengkap adalah surat daftar riwayat hidup, tidak ada foto dan tandatangan pada ijazah, penulisan nama pada jazah tidak sama dengan kartu tanda penduduk.

“Kita sudah memberi kesempatan kepada O,ozisokhi Harefa untuk melakukan perbaikan, tetapi tak dilaksanakan, sehingga kita anggap tidak lolos tahap adminitrasi,” terangnya. Sedangkan Fotodo Harefa tidak lolos karena masih berstatus sebagai anggota badan permusyawaratan desa dan anggota pengurus partai politik.

“Ferivikasi berkas Fotodo Harefa dilakukan karena pengaduan masyarakat, dimana Fotodo Harefa masih pengurus partai politik selama menjabat sebagai wakil ketua bpd di desa Hilimbowo Olora,” jelasnya.*Inc-12