Plt Kadis Pendidikan Nagan Raya, Bustami

Nagan Raya-Intainews.com:Menurut Plt Kadis Pendidikan (Kadisdik) Nagan Raya Provinsi Aceh, Bustami, saat ini pihaknya telah memberlakukan absensi elektronik di sekolah. Hal itu dilakukan agar kehadiran guru lebih terawasi.

Namun ia menyebutkan saat ini kendala yang dihadapi pihaknya ialah kurangnya tenaga pengajar di wilayah itu seperti guru bidang studi matematika, seni budaya, PPKN, bahasa Inggris, bimbingan konseling, dan guru olahraga.

Menyikapi hal itu Dinas Pendidikan mengambil kebijakan untuk memperkerjakan tenaga kependidikan dari tenaga honorer. Atau kepala sekolah meminta bantuan guru bakti. Selain itu juga yang tak kalah penting adalah peningkatan kualitas pendidikan.

Menurut Plt Kadisdik Nagan Raya Provinsi Aceh, butuh peran serta banyak pihak, selain melakukan pengawasan langsung secara rutin. “Untuk meningkatkan kedisiplinan guru, kami tim Dinas Pendidikan selalu melakukan upacara langsung ke sekolah-sekolah di Nagan Raya,” ujarnya Selasa, 6 November 2018.

Dalam kunjungan ke sekolah yang dilakukan secara bergilir itu bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan guru menuju peningkatan mutu pendidikan, sembari mengecek secara langsung dokumen 1,2 maupun silabus sekolah tingkat SD dan SMP di wilayah itu.

“Kami setiap senin apel bergilir di sekolah-sekolah di Nagan Raya, dan saat orang lain libur kami hari Sabtu juga melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah,” terang Bustami, yang didampingi Guru dan Tenaga Kependidikan, Damharius, S.Pd. *Inc-09