Surat Edaran Gubsu

Medan – Intainews.com: Setelah melakukan rapat dengan berbagai unsur, akhirnya Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menerbitkan Surat Edaran (SE) kepada masing-masing bupati dan walikota, berkaitan dengan diliburkannya para siswa SMA/SMK di Sumut mulai 17 Maret 2020 sampai 3 April 2020.

Berdasarkan SE diterima Intainews.com, surat itu menyebutkan beberapa poin di antaranya untuk mencegah penyebaran virus Corona/Covid-19 di sekolah, maka diistruksikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Sumut, meliburkan para siswa dan belajar mandiri di rumah masing-masing melalui metode jarak jauh, utamanya bagi siswa kelas X dan XI SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun swasta mulai 17 Maret hingga 3 April 2020.

Sementara bagi siswa SMK Negeri dan swasta yang sedang mengikuti Ujian Nasional (UN), gubernur menginstruksikan agar melanjutkan ujian sampai 19 Maret. Hal yang sama juga pada pelaksanaan UN SMA tetap diselenggarakan sesuai jadwal yang ada. Mengenai situasi dan perkembangan status kedaruratan yang diakibatkan penyebaran virus corona akan diberitahukan kemudian.

Untuk lebih tertibnya metode yanag diterapkan tersebut, Gubsu meminta kepada para orangtua siswa agar mengawasi anak didik agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan tidak berpergian jauh atau keluar kota untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain.

Itulah sebagian penting dari butir Surat Edaran Gubsu terkait untuk mencegah penyebaran virus Corona/Covid-19 di sekolah, yang dikeluarkan Gubsdu 17 Maret 2020. Inc – 92/Rel