Sebanyak 145 sekolah di Provinsi Sumatera Utara menerima penghargaan Adiwiyata 2019, yang diserahkan oleh Sekdaprov Sumut R Sabrina berlangsung di Aula Cendana, Kantor Bupati Deliserdang Lubuk Pakam, Senin (24/2/2020).

Sekolah yang merima penghargaan tersebut terdiri atas Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah.

Sekolah tersebut berasal dari tujuh kabupaten, yaitu Kabupaten Deliserdang 78 sekolah, Langkat satu sekolah, Tapanuli Tengah 31 sekolah, Tapanuli Utara 13 sekolah, Tapanuli Selatan 3 sekolah, Kota Medan 14 sekolah dan Binjai 5 sekolah.

Sabrina menyampaikan penghargaan diberikan karena kepedulian sekolah kepada lingkungan hidup. Salah satu kriteria penilaian adalah penghijauan.

“Tujuannya adalah bagaimana pendidikan lingkungan dapat mewujudkan Sumut yang lestari dan berwawasan lingkungan hidup,” Sabrina.

Sabrina mengharapkan setiap sekolah mulai dari tingkat dasar hingga atas agar sadar lingkungan. Untuk mewujudkan hal tersebut, menurutnya sekolah harus bekerja sama dengan seluruh pihak.

“Harus ada kerja sama semua pihak baik kepala sekolah. Masyarakat di sekitar sekolah, jadi harus dimulai dari sekolah kemudian bisa melebar dari masyarakat, sehingga anak sekolah terbiasa memelihara lingkungan,” katanya. Ant -02