Sekda Tapsel memasangkan masker kepada salah seorang pengunjung pasar.foto/ist.

Sekda Tapsel Drs Parulian Nasution membagikan seribu masker kepada masyarakat di Pasar Hutatonga Kecamatan Angkola Muaratais.

Tapsel-Intainews.com : Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) kembali membagikan seribu masker kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Pembagian masker dilakukan oleh Sekda Tapsel Drs Parulian Nasution tersebut dipusatkan di Pasar Hutatonga, Kecamatan Angkola Muaratais, Minggu (10/5).

Saat Sekda memasuki pasar, tampak masih banyak para pedagang maupun pembeli yang belum mematuhi penggunaan masker sesuai dengan instruksi pemerintah.

Sekda Tapsel memasangkan masker kepada salah seorang pengunjung pasar.foto/ist.

Pada saat membagikan masker, Sekda Tapsel Drs Parulian Nasution selaku Pelaksana Harian Gugus Tugas Covid-19 menekankan kepada para pedagang dan pembeli agar langsung digunakan masker yang telah diberikan supaya dapat terhindar dari penyebaran Covid-19.

Karena saya lihat masih banyak pedagang dan pembeli yang belum menggunakan masker. “Oleh karena itu saya berharap kepada masyarakat agar melakukan disiplin diri masing-masing dan selalu mematuhi anjuran pemerintah untuk menggunakan masker saat berada diluar rumah dan lakukan physical distancing, jaga jarak serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat,” harap Parulian.

Disamping itu juga kami telah melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 oleh Petugas Kesehatan dengan menggunakan pengeras suara di berbagai sudut pasar dan melakukan simulasi penggunaan masker dan cuci tangan yang benar.

Selain membagikan masker secara rutin, lanjut Sekda, berbagai upaya juga telah dilaksanakan Pemkab Tapsel dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Diantaranya dengan melaksanakan penyemprotan disinfektan secara rutin baik di jalan-jalan maupun di fasilitas umum dan rumah ibadah.

Selain itu juga dilakukan penyediaan tempat cuci tangan di berbagai tempat fasilitas umum, baik oleh Pemda maupun organisasi lainnya.

Setelah itu Sekda melanjutkan perjalanan menuju perbatasan antara Kabupaten Tapsel dan Kabupaten Madina tepatnya di Desa Aek Badak Julu Kecamatan Sayurmatinggi untuk meninjau posko Covid-19 dan sekaligus menyerahkan bantuan logistik berupa air mineral, snack, vitamin, disenfektan alami, masker, topi dan tas kepada petugas Covid-19 di Posko Aek Badak Julu Kecamatan Sayurmatinggi.

” Mari kita selalu berdoa agar pandemi ini cepat berakhir sehingga kehidupan kita dapat kembali berjalan dengan normal,” pungkasnya.

Turut mendampingi Sekda, Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suhardi, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, Camat Angkola Muaratais AM. Fadhil Harahap, Camat Sayurmatinggi, Kepala Puskesmas, KNPI, Karang Taruna dan tokoh masyarakat.
Inc-Lin