Kepala Desa Kuala Beringin,Edi Mansur Pane didampingi Banbinsa, Kantibnas, Perangkat Desa, BPD dan LPM dalam Musdessus.foto/Ist

Labura-Intainews.com : Kepala Desa Kuala Beringin Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhan Batu Utara, Edi Mansur Pane Undang Musyawarah Desa khusus (Musdessus) seluruh Perangkat Desa, Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Ketua LPM, turut dalam undangan tersebut Tokoh Masyarakat, Salim Siahaan sekaligus menjabat P3N Desa Kuala Beringin, Selasa (19/5/2020).

Kades Edi Mansur Pane mengatakan, musyawarah diadakan untuk memperifikasi sekaligus Finalisasinya daftar nama nama, yang masih terdapat tumpang tindih dalam daftar penerima calon Bantuan Tunai Langsung (BLT) sebesar Rp.600.000/KK yang bersumber dari Dana Desa TA.2020.

Lebih lanjut, mengatakan, setiap calon penerima bantuan Covid- 19 , yang bersumber dari Dana Desa (DD) tidak boleh ada nama yang dobel (rangkap dua) dalam penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut.

“Tujuan Musdessus ini untuk memperifikasi, data Validasi sekaligus memfinalisasi nama-nama calon penerima bantuan Covid- 19, agar tidak terjadi nama para calon penerima tumpang tindih,” pungkas Edi Mansur.

Pembukaan acara Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) Desa Kuala beringin itu langsung dipimpin oleh, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Hendra, di Aula Balai Desa Kuala beringin.

Dalam sambutannya, Hendra mengatakan, terlaksananya musyawarah kiranya nanti dalam memperifikasi data Validasi yang sudah didata oleh kepala dusun masing masing warganya,” kita disini bersama-sama menyaksikan mana yang layak dan mana yang tidak layak untuk dimasukkan sebagai penerima Bantuan Sosial Finalisasi nama nama tersebut.” Ujarnya.

Desela Musdessus, juga hadir pendamping Desa dari Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara (Labura) Bidang Tehnik Infrastruktur di sebelas Desa Kecamatan Kualuh Hulu, Darwin Syahputra.

Sementara, Julianto sebagai pendamping Desa yang membawahi 4 Desa diantaranya, Desa Londut, Pulo dogom, Kuala Beringin, dan desa Membang Muda Perkebunan PTP lll, saat dikonfirmasi Intainews.com, pihaknya tidak dapat memberikan komentar, hanya mengatakan, ” udah bagus itu yang dibuat mereka” ujarnya singkat.

Khairul Silaen, Staf Kasi Pemerintahan Sesa Kuala beringin, menjelaskan data Validasi yang diprefikasi serta finalisasi data Bantuan sosial Covid- 19.
Daiantaranya, Bansos Pemkab/Provinsi yang sudah kita ajukan sebanyak 684. orang, DTKS sebanyak 402. orang, penerima keluarga sejahtera (PKH) 214 orang, dan Penerima dana bantuan sosial tunai (BLT) dari kantor Pos pekan lalu sudah menerima sebanyak 65 orang itu berasal dari kementerian sosial.

Sedangkan perima bantuan Langsung tunai (BLT) yang bersumber Dana Desa sebanyak 240 orang, surat undangan sudah kita bagikan surat undangan kepada penerima dana BLT tersebut, ujar khairul kepada intainews.com dikantor desa Kuala Beringin.Inc-Mjs.