Plt Dinas Kesehatan Novi Rosmita SE.M.Kes bersama Tim Gugus Percepatan Penanganan covid 19 Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran,Sekda H.Nasjuddin, saat melakukan rapat lanjutan Covid 19.foto/Ist.

Aceh Selatan-Intainews.com : Ketua gugus percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Aceh Selatan H.NASJUDDIN SH.MM kepada Intainews.com Kamis (26/03/2020) menghimbau kepada masyarakat yang berdomisili di 18 Kecamatan mulai dari Kecamatan Trumon Timur hingga Labuhanhaji Barat untuk waspada corona 19.

Berdasarkan surat edaran untuk tidak menciptakan suasana keramaian selama berlangsungnya virus corona 19 khususnya di Kabupaten Aceh Selatan dan kita tetap waspada corona 19,katanya

Himbauan yang kita sampaikan ini agar masyarakat Kabupaten Aceh Selatan yang terdiri dari 18 Kecamatan supaya benar benar mematuhi aturan yang telah diedarkan baik dari Pusat, Provinsi Aceh maupun Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan, sebab apa pun tindakan yang kita buat itu harus sesuai dengan kesadaran masyarakat.

Dimana sejak beberapa hari lalu tim gugus percepatan penanganan sejak awal pihaknya telah menugaskan setiap puskesmas untuk mensosialisasikan dengan sistim keliling menggunakan mobil ambulance dan dihimbau kepada masyarakat Aceh Selatan untuk jangan panik tapi jangan sekali-kali menganggap enteng. Jangan menganggap ringan atas masalah covid 19 ini.

Oleh karenanya, setiap kegiatan yang bersifat kerumunan ataupun berkumpul kumpul ada baiknya untuk dibubarkan saja sebab covid 19 ini harus kita waspadai bersama terlebih dahulu.

Kita harus waspada, dan kita harus disiplin dalam mengatur interaksi karena pencegahan penularan bukan hanya dari pemerintah Aceh Selatan saja, tetapi harus melibatkan seluruh masyarakat Aceh Selatan dan ikut bekerja sama untuk saling mengisi dan memberi informasi yang akurat apa bila melihat seseorang yang masuk ke pedesaan tanpa kita kenalinya.

Demikian juga katanya dalam menjalani hari-hari semua masyarakat harus melakukan yang disebut social distancing measure yaitu salah satunya menjaga jarak, menguranngi perjumpaan, menghindari kontak fisik. Menjauhi tempat-tempat orang berkumpul dan juga keramaian.

Saling bekerja sama demi untuk memutuskan mata rantai Covid 19 yang satu satunya sangat cepat terjadinya penularan, oleh karenanya sering terjadinya interaksi orang ke orang,makanya lebih baik menjaga sebelum terkena virus corona 19 di Kabupaten Aceh Selatan ini.

Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran meminta dan menghimbau masyarakat untuk melakukan shalat berjamaah dan berdoa kepada Allah SWT agar dihilangkan penyakit corona 19 ini dari Aceh Selatan, dan Aceh Selatan aman dari corona 19.

Dan juga kami laporkan dari hasil Update laporan Covid 19 Kabupaten Aceh Selatan kemaren jam 16.00 WIB Rabu (25/03/2020) total ODP berjumlah 5 orang dalam proses pemantauan 3 orang dan yang sudah selesai pemantauan berjumlah 2 orang.tutupnya.Inc-Yun.