Sekda Selaku Ketua Gugus dan sejumlah instansi serta kabag humas ikut meninjau posko percepatan penanganan covid 19 di Trumon Timur. (Foto – Intai/Yunardi M.Is)

Aceh Selatan – Intainews.com: Pemkab Aceh Selatan melalui Gugus Percepatan Penangganan COVID-19 mendirikan posko pengawasan di perbatasan Subulussalam, tepatnya di Kapa Sesak, Trumon Timur.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Nasjuddin, Rabu (25/03/2020) mengatakan, pendirian posko melibatkan tujuh intansi yaitu BPBD, TNI/Polri, Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan PMI.

Posko difungsikan untuk pengawasan terhadap masyarakat yang masuk ke Aceh Selatan setelah melakukan perjalanan dari luar daerah, terlebih lagi dari luar negeri akan di pantau selama 24 jam.

Di posko tersebut, sambung Nasjuddin yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan, petugas di posko dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap dan satu ambulans.

Sebelumnya Plt Kadis Kesehatan Novi Rosmita SE MKes saat meninjau lokasi posko mengatakan, Rumah Sakit Umum Yuliddin Away Tapaktuan dari 11 unit rumah sakit yang dikategorikan sebagai rumah sakit yang menangani percepatan penanganan Covid 19 RSUYA juga termasuk didalamnya yang menangani pasien dari Aceh Singkil dan Subulussalam.

Kepala Puskesmas Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur dr Azri Yuliandra dalam kesempatan tersebut juga meminta bantuan penambahan dokter dari kabupaten karena tidak mungkin semua kepala puskesmas yang hanya empat orang stanby di posko, karena kan punya tanggungjawab sebagai dokter umum, pagi harus masuk, katanya. Inc – Yun