Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang. Agusliyana Devita SSTP MSI.

Aceh Tamiang – Intainews.com:  Tim Pencegahan dan Penanganan Covid-19 (Corona) Aceh Tamiang berdasarkan pemaparan Dr Hardeky disebutkan ODP bertambah.

Demikian dikatakan Kabag Humas Pemkab Aceh Tamiang, Agusliyana Devita SSTP MSI kepada Intainews.com. Selasa (24/03/2020).

Beberapa poin diantaranyua: 1. Bahwa Tim Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Aceh Tamiang terus melakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang telah mempunyai riwayat perjalanan dari daerah transmisi penyebaran Virus Covid-19 (Corona).

2. Dari hasil pemeriksaan suhu tubuh, gejala batuk dan pilek, nyeri tenggorokan terdapat penambahan ODP sebanyak 12 orang yang memiliki gejala gejala ringan tersebut.

3. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan melihat riwayat perjalanan yang telah dilakukan, Tim Dinas Kesehatan  telah menetapkan 12 orang tersebut kedalam status Orang Dalam Pemantauan (ODP). Di Kabupaten Aceh Tamiang menjadi 35 orang, 3 orang telah selesai dilakukan pemantauan selama 14 hari, dan 1 PDP yang sudah dirujuk ke RS Cut Meutia Aceh Utara.

4. Domisili 35 ODP tersebut tersebar di beberapa Kecamatan yaitu Manyak Payed, Karang Baru, Sekerak, Seruway, Tamiang Hulu, Banda Mulia, Kota Kualasimpang, Rantau, Tenggulun.

5. Tim Dinas Kesehatan telah meminta kepada 35 ODP juga kepada masyarakat yang telah memiliki riwayat perjalanan dari daerah transmisi untuk melakukan isolasi diri secara mandiri dirumah.

6. Penanganan selanjutnya Dinas Kesehatan akan terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan kepada masyarakat).

7. Diminta kepada masyarakat yang telah melakukan perjalanan dari daerah atau wilayah transmisi agar dapat melapor ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

8. Dihimbau kepada masyarakat, untuk tidak panik namun tetap mawas diri Informasi ini dikeluarkan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan reaksi cepat dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 (Corona) yang sangat meresahkan masyarakat. Inc – RH