Pemkab Aceh Selatan gelar rapat lanjutan membahas penanganan Covid 19 dipimpin Plt Bupati Tgk Amran.

Aceh Selatan – Intainews.com: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan kembali gelar rapat lanjutan terkait penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Rapat yang berlangsung di Posko Damkar Tapaktuan, Senin (23/03/2020) dihadiri langsung oleh Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Sekda Aceh Selatan H Nasjuddin SH MM.

Selain juga turut hadir, Asisten II, H Zaini Bakri, Asisten I Erwiandi SSos, Staf Ahli, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Novi Rosmita SE MKes, Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma SSTP, Kepala Dinas Infokom, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Disperindagkop, Kepala Dinas Syariat Islam, Kabag Humasy Setdakab dan Kabid P2P Dinas Kesehatan Sri Milda SKM perwakilan Polres dan Kodim, kepala Dinas Pendidikan dan kepala Dinas satpol pp dan wilayatulhisbah serta kabid pelayanan RSUYA Tapaktuan Dr Syahmadi.

Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma dalam kesempatan tersebut menyampaikan kendala berupa belum tersedianya anggaran untuk percepatan dan penanganan Covid 19 di Aceh Selatan. Sedangkan Sekda H Nasjuddin mengatakan persoalan anggaran menurut Menteri Keuangan sumbernya dari dana desa.

“Bagaimana sistemnya kita belum tahu, karena belum ada arahan,” ungkap Sekda.

Pada kesempatan itu, Staf Ahli Pengembangan dan Pembangunan Setdakab Aceh Selatan Ir H Nurman Daud Shamad MM meminta masyarakat untuk tidak panik dalam menghadapi Covid 19 yang sedang melanda Indonesia pada umumnya dan khususnya masyarakat Aceh Selatan dalam hal ini untuk menerukan kepada masyarakat disarankan untuk melaksanakan shalat tepat waktu sembari berdoa kepada Allah SWT untuk dijauhi dari penyakit tersebut.

Sementara itu, Kepala Kadis Kominfo dan Persandian, Drs HT Darisman menganjurkan agar adanya kegiatan saling menjaga kebersihan disetiap gampong gampong yang ada di 18 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan setidaknya mengadakan gotong royong .

Sedangkan Sekda H Nasjuddin menyarankan dilakukan kegiatan sosialisasi pencegahan keliling ke kampung – kampung.

Plt Bupati Aceh Selatan Tgk Amran mengatakan sejak adanya pemberitahuan tentang seruan yang di berlakukan sejak tanggal 15 hingga 23 baik dari Pusat maupun dari Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan Alhamdulilah Aceh Selatan ini masih aman dari kasus virus corona.

Maka dalam hal tersebut yang perlu kita fahami bersama adalah bahwa dalam memberitakan kepada masyarakat terutama dari komimfo dan juga dari pada Dinas Kesehatan disaat mensosialisaaikan virus corona sebab salah memberitakan salah menyampaikan akan berdampak kepada masyarakat

Kepada masyarakat tidak perlu panik dan takut karena oleh merebaknya virus corona, yang jelas Aceh Selatan aman dan tidak satu pun warga terindikasi terkena vurus corona dan juga diharapkan untuk terus melakukan shalat lima waktu secara berjamaah dan semuanya itu keputusan dari Allah dan terus beraktivitas seperti biasa dan tidak perlu takut. I*nc – Yun.