Upacara Bendera di SMA N 1 Beutong , Danramil 05/Beutong , Ajak Siswa- Siswi Cinta Tanah Air dan Bela Negara.Inc/Ist

Nagan Raya-Intainewa.com : Dalam rangka memotivasi para siswa SMAN 1 Beutong dalam proses belajar serta meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela Negara di lingkungan sekolah, Danramil 05/Beutong Kodim 0116/Nagan Raya Kapten Inf Legianto bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Upacara Bendera yang dilaksanakan di lapangan upacara SMAN 1 Beutong, Senin (10/2/2020).

Kegiatan upacara dihadiri para Babinsa Koramil 05/Beutong, Kepala Sekolah Muhammad Taher, Spd, Wakasek, Para Guru sekolah, Staf Sekolah, Siswa-siswi SMAN 1 Beutong.

Danramil 05/Beutong bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan dalam amanatnya, “Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah merupakan bagian dari program Kodim 0116/Nagan Raya, dimana dilaksanakan secara bergilir disekolah-sekolah yang ada diwilayah Kabupaten Nagan Raya.

Bahwa pentingnya melaksanakan upacara bendera karena merupakan wujud penghargaan kita kepada pahlawan yang telah berjasa dalam merperjuangkan Kemerdekaaan Republik Indonesia, dan juga sebagai wujud Bela Negara.

Selain itu didalam UUD 1945 Pasal 30 ayat 1 dijelaskan bahwa “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara”. Maksud dari pasal 30 ayat 1 UUD 1945 disini menjelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia mempunyai hak yang sama yaitu hak untuk ikut serta dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara.Yang Berarti warga negara diharuskan supaya bisa turut serta dalam usaha mempertahanan negara dari gangguan ancaman baik itu dari luar maupun dari dalam Negeri.

Danramil 05/Beutong Kapten Inf Legianto juga memberikan penekanan kepada para siswa SMAN 1 Beutong untuk meningkatkan rasa disiplin, cinta tanah air, siap ikut menjaga kedaulatan NKRI, selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta meningkatkan soliditas dan solidaritas antara pendidik dan siswa.

Para siswa juga diharapkan jangan pernah mencoba atau mendekati hal-hal yang akan merusak generasi bangsa seperti narkoba, minum minuman keras, dan pergaulan bebas. Karena hal itu selain merusak generasi bangsa, bisa juga mengakibatkan terjadinya perkelahian antar pelajar.

Kepala sekolah SMAN 1 Beutong Muhammad Taher, Spd menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi, juga rasa bangga dengan kehadiran dari pihak Koramil, khususnya Danramil, yang di tengah kesibukannya masih menyempatkan waktu untuk memberikan pencerahan tentang bagaimana harus menghargai arti melaksanakan upacara dalam mengisi kemerdekaan.

“Insya Allah, beberapa penekanan-penekanan tadi akan kami implementasikan di dalam lingkungan sekolah, agar bangsa ini mempunyai generasi penerus yang amanah dan mempunyai kwalitas SDM yang tinggi,” katanya.

Pihak sekolah berharap kegiatan seperti ini bisa berlangsung seterusnya, bahkan kegiatan-kegiatan lain, khususnya dalam membentuk disiplin dan karakter siswa/siswi. Kami berharap partisipasi, dukungan, dan arahan, khususnya dari Koramil 05/Beutong,” kata Kepsek SMAN 1 Beutong. Inc-Rel.