Pematangsiantar-Intainews.com |Panitia Hari Besar Islam (PHBI) SMA Negeri 4 Pematangsiantar memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, di aula Bela Negara Rindam I/BB, Selasa (26/11). Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM diwakili Asisten II Zainal Siahaan menghadiri acara tersebut.

Hefriansyah diwakili Zainal dalam sambutannya mengatakan, Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu sarana meneladani sikap dan karakter Nabi Muhammad SAW. Senantiasa umat Islam dapat mencontoh muamalah amaliahnya Nabi Muhammad SAW dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya berharap dengan acara tersebut dapat memperbaiki diri, mendapatkan rahmat dan ilmu yang bermanfaat,” katanya.

Warga Pematangsiantar terkhusus generasi muda diharapkan dapat mengikuti Rasulullah SAW sebagai tauladan dalam kehidupan sehari – hari.

“Karena Beliau begitu mencintai segala ciptaan Allah SWT,” katanya.

Dilanjutkannya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus dijadikan momen pengingat sekaligus penyadaran bahwa umat Islam harus mencontoh perilaku Rasulullah.

“Kita sering kali mengaku umat Rasulullah, tapi dalam praktik kehidupan nyata tidak nampak. Peringatan Maulid Nabi ini, sebagai pengingat agar kita meneladani Beliau dalam setiap aspek kehidupan,” katanya lagi

Maka dari itu, “Mari kita jadikan ajaran Rasullullah SAW sebagai acuan kita untuk berperilaku di sekolah maupun di masyarakat. Tauladannya kita jadikan upaya untuk memajukan bangsa dan negara, guna menciptakan masyarakat yang religius dan humanis,” sebutnya.

Sementara Ustad Ananda Siregar dalam ceramahnya mengisahkan tentang Perang Badar. Dalam kisah tersebut, Nabi Muhammad SAW menyampaikan kepada para sahabatnya bahwa setelah Perang Badar yang sangat besar, masih ada perang yang sangat besar lagi, yaitu perang melawan hawa nafsu.

Hal lainnya yang disampaikan adalah bagaimana keihlasan Rasul di zamannya ketika mengajak orang-orang memeluk Islam. Menurutnya, Nabi Muhammad tak pernah mengeluh dan tetap bersemangat meskipun saat Beliau berceramah kerap dicaci-maki.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala SMAN 4 Rudolf Barmen Manurung MPd, mewakili Kapolres Pematangsiantar, Ketua Komite Sekolah Jansen Napitu, serta para orang tua dan siswa. * Inc-mgl.