Longsor di jalan Gunungsitoli menyebabkan jalan tidak dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat

Gunungsitoli-Intainews.com:Aktivitas galian c ilegal di dusun Hilibadalu, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara menyebabkan longsor, Minggu 10 November 2019. Longsoran batu akibat aktivitas galian c tersebut menghambat arus lalu lintas, sehingga kendaraan roda dua dan roda empat tidak bisa lewat.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Gunungsitoli Eko Zebua yang berada di lokasi longsor mengatakan jika saat ini personil Satpol PP membantu membersihkan material longsor yang menghalangi jalan. “Tidak ada korban jiwa atau luka akibat longsor, tetapi jalan menjadi terhalang,” ungkapnya.

Menurut dia, longsor terjadi akibat aktivitas galian c tanpa izin yang dilakukan warga di daerah tersebut. “Kita telah melarang warga untuk melakukan aktivitas penggalian batu dan tanah di lokasi tersebut, tetapi tidak diindahkan,” ucapnya.

Bahkan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, telah dilayangkan laporan ke pihak penegak hukum karena akibat aktivitas galian c tersebut ada aset milik pemerintah yang dirusak.

Berdasarkan surat laporan Dinas Pupr Kota Gunubgsitoli kepada Polres Nias tanggal 4 November 2019, diketahui jika warga yang melakukan aktivitas galian c berinisial HZ.

HZ dilaporkan ke Polres Nias oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli karena dalam melakukan aktivitas galian c, HZ telah merusak tembok penahan yang merupakan aset negara. *Inc-12