Prof Yassona Laoly, Bupati Nias DrsSokhiatulo Laoli,MM dan Wali Kota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua meresmikan galangan kapal terbesar di Pulau Nias

Nias-Intainews.com:Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia Prof Yassona Hamonangan Laoly didampingi Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli,MM dan Walikota Gunungsitoli Ir Lakhomizaro Zebua meresmikan galangan kapal terbesar di Pulau Nias.

Galangan Kapal terbesar di pantai barat sumatera milik PT Cahaya Baru Shipyar menggunakan teknologi canggih sistem air bag dan berada di Desa Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli.

Prof Yassona Hamonangan Laoly saat acara peresmian mengaku bangga kepada PT Cahaya Baru Shipyar yang mendirikan galangan kapal di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

“Dengan adanya galangan kapal di Kota Gunungsitoli, pemilik kapal dari dari Simelu, Aceh dan Sibolga akan hemat secara ekonomi apabila memperbaiki kapalnya di galangan kapal yang ada di Kota Gunungsitoli dari pada di Belawan,” ucapnya.

Dia berharap galangan kapal yang baru diresmikan bisa sukses, dan galangan galangan kapal lainnya bisa berdiri di Sumatera. Owner PT Cahaya Baru Shipyar Sunaryo Pratama di tempat yang sama memberitahu jika pembangunan galangan kapal tersebut telah dirintis sejak tahun 2016.

Tujuannya pembangunan galangan kapal adalah untuk membantu para pemilik kapal, dan meningkatkan ekonomi Pulau Nias.

Menurut dia banyak kapal kapal yang menetap di perairan pantai yang ada di Pulau Nias seperti kapal penyeberangan Sibolga-Gunungsitoli dan Gunungsitoli-Singkil, serta kapal barang dan kapal jenis tongkang. “Galangan kapal milik PTCahaya Baru Shypyar ini panjangnya 80 meter, lebar 30 meter dan menggunakan teknologi airbag.*Inc-12