Wagubsu Musa Rajeckshah [kanan] menjajal [mencoba] mengurus e-pappor

Medan-Intainews.com:Wakil Gubernur Sumatera Utatara [Wagubsu] Musa Rajekshah meresmikan meluncurkan e-Paspor [Paspor Elektroni] di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Jalan Gatot Subroto km 6,2 Nomor 268A, Medan, Rabu 30 Oktober 2019.

Ini peluncuran perdana e-paspor di Sumatera Utara [Sumut] yang mempermudah dan memperlancar pengurusan keimigrasian. Peluncuran ditandai pengguntingan pita oleh Wagubsu Musa Rajekshah bersama Pangdam I/BB MS Fadhilah, Kakanwil Kemenkumham Sumut Sutrisman dan Wakapolda Sumut Mardiaz Kusin Dwihananto.

Wagubsu, Pangdam I/BB, Kakanwil kemenkumham Sumut dan Wakapoldasu langsung menjajal layanan baru ini untuk membuat e-paspor di tempat tersebut. E-paspor merupakan paspor yang memiliki teknologi chip untuk menyimpan data biometric penggunanya yaitu wajah dan sidik jari.

E-paspor juga memiliki data penerbit paspor tersebut sehingga mudah dilacak. Ini mempermudah keimigrasian untuk mengidentifikasi pemilik paspor dan mempercepat proses keimigrasian karena terintegrasi dengan auto gate di tempat pengecekan paspor seperti bandara, pelabuhan, kereta api dan lainnya.

Wagub Musa Rajekshah mengapresiasi upaya Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanannya kepada publik dengan meluncurkan e-paspor. Menurutnya ini perlu dicontoh instansi lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga wisatawan.

Terbitkan Paspor Satu Hari

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan Agato menyampaikan, peluncuran e-paspor mempermudah layanan keimigrasian dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat. “Dengan e-paspor yang memiliki chip dan antena, pemegangnya bisa melewati pemeriksaan paspor melalui auto gate. Jadi, mengurangi antrean pengecekan paspor di bandara-bandara, pelabuhan atau tempat lainnya. Ini juga akan meminimalisir paspor palsu,” kata Agato.

Untuk membuat e-paspor, menurutnya, tidak ada persyaratan khusus yang diberikan kantor keimigrasian, pembuatannya sama dengan paspor biasa. Namun, untuk harganya sedikit lebih mahal karena di dalam e-paspor terdapat teknologi yang canggih dan juga terintegrasi dengan seluruh auto gate yang ada.

“Untuk harga berbeda, e-paspor pajak penerimaan negaranya Rp650. Dan Kantor Imigrasi kelas I Khusus TPI Medan sekarang sudah siap menerbitkan paspor dalam satu hari dengan menambah pembayaran sebesar Rp1 juta. Jadi, tidak ada lewat calo,” tegas Agato. *Inc-03