Lokasi acara gateball prakwalifikasi PON XX Nasional di Toba Samosir dan Piala gateball internasional

Toba Samosir-Intainews.com:“Sebagai tuan rumah, Toba Samosir [Tobasa], Sumatera Utara, sudah merampungkan persiapan akhir untuk penyelenggaraan rangkaian Kejuaraan ‘Gateball 13’ di lapangan Kompleks Perkantoran Bupati sudah siap untuk digunakan.

Bahkan beberapa provinsi yang sudah hadir sudah dipersilahkan mencoba lapangan.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Tobasa Drs Lalo H Simanjuntak MSi dalam siaran persnya di kantor Bupati Tobasa di Balige, Senin 28 Oktober 2019.

Lalo menjelaskan, kejuaraan Gateball ini akan berlangsung mulai hari ini 29 Oktober s/d 2 November 2019 yakni Prakualifikasi PON XX dan Kejuaraan Nasional IV. “Usai acara kwalifikasi PON, dilanjutkan dengan Open Tournament Lake Toba Gateball International Tobasa Regent Trophy 2019 tanggal 3 November sampai 4 November 2019,” terang Lalo.

Sementara Ketua Panitia Lokal Alonso Manik, menjelaskan, persiapan Tobasa dalam kejuaraan ini sudah rampung 100 persen. Para peserta katanya, sejak kemarin sudah datang di Tobasa, dan sebagian peserta sudah melihat lokasi acara kegiatan.

Lebih lanjut kata Alonso, Babak Kualifikasi Pra PON XX dan Kejurnas Gateball IV ini ,diikuti setidaknya 27 Propinsi se Indonesia, sedangkan Kejuaraan Internasional akan diikuti klub Gateball dari Indonesia dan klub dari luar negeri.

Manik memperkirakan, sekitar 800 atlet dan perangkat pertandingan hadir di Balige diluar official dan panitia pelaksana pusat dari Persatuan Gateball Indonesia [PERGATSI].

Diikuti Peserta Luar Negeri

Melalui kejuaraan ini sebut Alonso, sangat bermanfaat bagi promosi pariwisata Danau Toba secara umum dan Pariwisata Toba Samosir secara khusus, seluruh Hotel dan Homestay di sekitar Balige dan Laguboti sudah dipesan.

Bahkan harus ditampung di Hotel di Silangit dan Parapat, jadi kegiatan ini harus benar-benar dimanfaatkan dan Toba Samosir memberikan dukungan penuh.

Ditambahkan Alonso, acara kejuaraan Gateball prakwalifikasi PON XX ini dibuka Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR-RI Danis Hidayat Sumadilaga, sedangkan acara penutupan dihadiri langsung 2 Menteri,yakni Menteri PUPR-RI Basuki Hadimulyono dan Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainuddin Amali.

Khusus untuk Kejuaraan Internasional gateball, akan memperebutkan Piala Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian, sebagai pelaksanaan perdana gateball di Tobasa, diikuti juga peserta dari luar Negeri, pungkasnya. *Inc-15