Ekdaprov abrina inspetur upacara peringatan Sumpah Pemuda di Labuhanbatu

Labuhanbatu-Intainews.com:Ribuan peserta dari berbagai kalangan mengikuti upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Provinsi Sumatera Utara [Sumut], di Lapangan Ika Bina, Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Senin 28 Oktober 2019.

Bahaya narkoba menjadi salah satu pesan penting yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi [Sekdaprov] Sumut Sabrina pada kesempatan sebagai inspektur upacara peringatan Sumpah Pemuda di Kabupaten Lbuhanbatu, Sumatera Utara.

Sabrina membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga [Menpora] Zainudin Amali terkait tantangan generasi di era global saat ini. Karenanya tema yang diusung yakni ‘Bersatu Kita Maju’.

Hadir di antaranya mewakili Forkopimda Sumut, Anggota DPRD Sumut Poaradda Nababan, Ketua KNPI Sumut, Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi serta para pejabat setempat lainnya. Sementara mendampingi Sekdaprov, hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Baharuddin Siagian, Kepala Dinas Pendidikan Arsyad Lubis dan Kepala Biro Binsos M Yusuf.

“Kita tahu, narkoba di Sumut adalah satu yang terbesar. Jangan sampai pemuda kita terkena (lagi). Tetapi bagaimana agar para pemuda bisa menjadi duta pemberantasan narkoba. Karena merekalah generasi penerus bangsa ini,” ujar Sabrina.

Dikatakan Sabrina, masa depan bangsa ini akan ditentukan para pemuda, yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang. Karena itu, untuk menjadikan negara ini, khususnya Sumut hebat, maju dan bermartabat, maka salah satu jalannya adalah bisa terhindar dari narkoba.

“Kita punya sumber daya alam [SDA] yang melimpah dan kaya. Namun narkoba bisa saja melemahkan generasi muda untuk mengelola sumber daya alam tersebut. Jadi jangan mau kita dilemahkan [dengan narkoba]. Kita harus bangkit, Indonesia milik kita,” sebut Sabrina.

Begitu juga pidato Menpora, lanjut Sabrina, pemuda Indonesia harus bisa tampil dan bersaing pada percaturan dunia. Sebab itu, generasi muda harus punya karakter dan jati diri bangsa. Apalagi dicanangkan bahwa 2045 sebagai generasi emas.

Bupati Labuhanbatu menyampaikan apresiasi atas dilaksanakannya peringatan Sumpah Pemuda tingkat provinsi di daerahnya. Apalagi beberapa program Pemprov diarahkan ke kabupaten ini.

“Ini menambah semangat Labuhanbatu. Insya Allah waktu mendatang juga ada pekan olahraga tingkat pelajar. Tentunya kepada anak-anak kami, adik-adik kami, pemuda hari ini harus bisa berbuat lebih banyak lagi. Saya yakin, potensi olahraga dan pemuda bisa membanggakan Labuhanbatu,” ujarnya. *Inc-05