Nagan Raya-Intainews.com:Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menyiapkan industri pengolah kelapa untuk masyarakat petani atau pengrajin kelapa. Demikian disampaikan oleh Bupati Nagan Raya melalui Kepala Bappeda, Abdul Latif, MP pada acara Loka Karya Percepatan Pembangunan Industri Kelapa di Aceh untuk menyambut era 4.0, di Aula Kantor Bappeda setempat baru-baru ini [foto].

Dijelaskannya Industri Kelapa merupakan salah satu bagian dari Kawasan Industri Terpadu (KIT) yang telah dirancang oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, dengan kawasan peruntukannya telah ditetapkan di Kawasan Padang Turi Kecamatan Kuala Pesisir melalui SK Bupati Nagan Raya Nomor 050/311/Kpts/2019.

Untuk itu lanjut Abdul Latief pada tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melalui Dinas Perkebunan telah melakukan pelatihan kepada sejumlah Petani Kelapa Dalam, dengan tujuan agar semua petani siap apabila suatu saat dipercayakan Pemerintah Aceh maupun Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Nagan Raya akan dijadikan salah satu Kawasan Industri Terpadu di Pantai Barat Selatan Aceh.

Oleh karenanya, pemerintah terus berupaya mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada petani terutama dalam pengolahan produk dari kelapa melalui instansi terkait ataupun mengadakan kerjasama dengan institusi atau lembaga-lembaga pendidikan yang berkompeten dibidang pengolahan kelapa. Demikian pungkasnya
Yang hadir pada acara tersebut.

Perwakilan Kepala SKPK dari Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan, para petani kelapa dan pengrajin batok kelapa dalam Kabupaten Nagan Raya. *Inc-09