Gubsu Edy Rahmayadi saat menyerahkan penghargaan untuk Tebingtinggi diterima Wakil Walikota H Oki Doni Siregar

Tebingtinggi-Intainews.com:Wakil Walikota Tebingtinggi H Oki Doni Siregar menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik [KIP] dengan katagori sebagai badan publik informatik. Penghargaan diserahkan Gubernur Sumatera Utara [Gubsu] Edy Rahmayadi di Grand Aston City Hall, Medan Jumat 25 Oktober 2019.

H Oki Doni menyampaikan apresiasi dan rasa bangga dengan apa yang telah dicapai pemerintah kota Tebingtinggi di dalam menjalankan Amanat UU No.14 Tahun 2008 tentang KIP yang tahun lalu kita masih menerima sertifakat sebagai peserta monitoring dan evaluasi KIP.

Ketua KIP Sumatera Utara [Sumut], Robin Simbolon mengatakan, KIP sudah sangat menggembirakan serta on the right track, menaikkan komitmen dan mengutamakan keterbukaan informasi bagi seluruh masyarakat agar dapat mengetahui tentang pemerintahan di daerahnya.

Ketua Komisi Informasi Pusat Gede Narayana menyebutkan KIP adalah UU Nomor 14 Tahun 2008, mengandung makna KIP tingkat nasional maupun kabupaten/kota hukumnya wajib melaksanakan UU KIP. Pelaksanaan pengawalan UU KIP adalah tugas utama dari komisioner KI yang ada di seluruh Indonesia.

Penganugerahan yang ke-10 ini, harapannya KIP tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, didengar dan ditindaklanjuti oleh gubernur maupun Bupati/Walikota, sebab monev ini berfungsi untuk mengetahui sejauh mana telah dijalankan keterbukaan informasi publik sesuai UU KIP tersebut.

Intinya adalah untuk mewujudkan tata kelola penyelenggaraan negara yang baik, bersih dan efesien [Good Governance]. Parameter dari Good Governance adalah adanya transparansi, keterlibatan dan partisipasi masyarakat serta akuntabilitas.

“Marilah kita manfaatkan informasi sesuai dengan kepentingan membangun daerah khususnya Sumatera Utara yang bermanfaat. Bukan memanfaatkan informasi untuk hal yang tidak sesuai dengan kepentingannya,” tukas Gubsu Edy Rahmayadi.*Inc-03