Ilustrasi. Istimewa

Jakarta-Intainews.com:Presiden Republik Indonesia [RI] Joko Widodo menyebutkan, dalam pemerintahannya lima tahun ke depan akan memotong birokrasi yang panjang, untuk mencapai Indonesia maju. “Saya akan pecat apabila birokrat tidak sesuai apa yang dikerjakan dengan hasil yang dicapai. Saya mau lihat hasilnya bukan lagi proses,” tandasnya.

Hal itu dikatakan Presiden Joko Widodo [Jokowi] dalam pidato pertamanya usai pelantikan. Sebelumnya, pelantikan Presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden berlangsung di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Tepatnya di Ruang Rapat Paripurna yang ada di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 20 Oktober 2019. Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin ritual mengheningkan cipta dan setelahnya langsung membuka sidang paripurna MPR.

Berikut pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Sejumlah tamu undangan menghadiri pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Termasuk kandidat di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno hadir untuk mengikuti pelantikan. Juga Dihadiri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono. Tamu undangan lain adalah kepala negara atau kepala pemerintahan dari 19 negara sahabat. *Inc-17