Memorandum of Understanding [MoU] antara Pemkab Sergai dan IPB

Sergai-Intainews.com:Deklarasi Sekolah Peternakan Rakyat [SPR] berlangsung di Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara Aula Theme Park Resort Keamatan Pantai Cermin, baru-baru ini, dihadiri Bupati Sergai, H Soekirman.

Bupati Sergai mengatakan, tingginya kebutuhan dan permintaan terhadap produk protein hewani yang tidak diimbangi dengan hasil produksi ternak, untuk itulah diadakan program SPR. Selain mengendalikan ketimpangan antara supply and demand konsumsi daging, program ini meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak.

“SPR dibentuk dalam suatu kawasan pemukiman peternak berskala kecil yang dapat berupa satu dusun, satu desa atau satu kecamatan. Setiap SPR terdapat minimal 1.000 ekor ternak betina produktif, maksimum 100 ternak pejantan,” ungkap Soekirman.

Semoga dengan adanya SPR ini, tandas Soekirman, Kabupaten Sergai dapat meningkatkan populasi ternak dan daya saing usaha peternakan rakyat sehingga mewujudkan peternak cerdas, dan produksi daging meningkat sertai tercapainya swasembada daging di tahun 2026.

Kegiatan ini didasari Memorandum of Understanding [MoU] antara Pemkab Sergai dengan Institut Perwakilan Bogor [IPB]. Dengan deklarasi ini, diharapkan SPR dapat meningkatan SDM bagi masyarakat peternakan.*Inc-14