-- Hulman Sitorus, Wakil Bupati Tobasa pada acara penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi

Pelayanan terhadap masyarakat selalu diawali dengan prinsip ‘Dalihan Natolu’, yakni manat mardongan tubu, somba marhula hula dan elek marboru

Balige-Intainews.com:“Indonesia merdeka pada tahun 1945 dan Vietnam lepas dari cengkeraman Amerika di tahun 1975, namun kita [Indonesia] jauh tertinggal dati Vietnam, karena kita kurang cepat dalam mempersiapkan diri.”

Demikian dikatakan Wakil Bupati [Wabub] Toba Samosir [Tobasa] Ir Hulman Sitorus, saat membuka kegiatan Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara di Aula Kecamatan Uluan, Rabu 9 Oktober 2019.

Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, sebut Hulman, memberikan dampak yang positif kepada kita terutama kepada kami pemerintah dan masyarakat yang ada di Toba Samosir. Secara khusus kepada camat dan teman-teman kepala desa agar terjadi perubahan-perubahan yang lebih baik, lebih berkualitas.

“Sekarang, kita semua hidup dalam suasana yang berubah sangat amat cepat. Perubahan itu harus dapat kita ikuti, sebab kita akan tertinggal jauh seperti dari vietnam itu, padahal kita kebih dahulu merdeka satu generasi dari mereka,” ungkap Hulman.

Semoga Dapat Juara

Dijelaskan oleh Hulman, sekarang ekspor mereka [Vietnam] jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia. Hulman mengapresiasi Camat Uluan yang kecamatannya, sudah masuk nominator kecamatan terbaik tingkat provinsi.

Wabub berpesan, ”Juara itu penting, tetapi lebih penting mempersiapkan diri. Dengan demikian pemerintahan kecamatan dan desa bisa menjadi pemerintahan yang efektif,” tandasnya lalu membuka acara secara resmi.

Menurut Henry pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat di 17 desa serta 52 dusun dengan jumlah penduduk sebanyak 9.000 jiwa lebih, selalu diawali dengan prinsip ‘Dalihan Natolu’, yakni cf manat mardongan tubu, somba marhula hula dan elek marboru cf.

Sementara Ketua tim penilai dari Setda Provsu Drs Koni Ismail menhimbau agar Kecamatan Uluan bisa benar-benar menjadi kecamatan mandiri mengingat sudah berhasil mewakili Kabupaten Toba Samosir dalam mengikuti Lomba Kecamatan terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara.

“Tentunya dengan dukungan dan kerja sama yang baik antara masyarakat, Pemerintah Desa, Pemerintah Kabupaten dan juga Pemerintah Provinsi semoga kecamatan ini dapat juara,” sebut Koni.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan PA Kabupaten Tobasa Henri Silalahi, Kabag Tapem lahsa J Simanullang, para camat, para Kepala OPD, Kepala Desa, Sekdes, perangkat Desa, serta tokoh agama maupun tokoh masyarakat di Kecamatan Uluan. *Ind-15