Bupati Sergai [kanan] dan Bupati Sleman berfoto bersama teks MoU

Sergai-Intainews.com:Bupati Sleman H Sri Purnomo bersama rombongan Forkopimda berkunjung ke Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara merupakan upaya meningkatkan kapasitas dan wawasan, serta mendapat komparasi atas praktik dan koordinasi penyelenggaraan urusan Pemerintahan Umum di Pemkab Sergai.

Rombongan diterima Bupati Sergai H Soekiran dan Wakil Bupati Darma Wijaya, Selasa, 8 Oktober 2019 bertempat Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah. Soekirman mengatakan kunjungan Forkopimda Kabupaten Sleman sebagai kehormatan.

“Sergai merupakan Kabupaten pemekaran yang masih berusia muda dibanding Kabupaten/Kota lain di Provinsi Sumatera Utara [Sumut]. Namun walau masih terhitung muda, sudah banyak prestasi Kabupaten ini yang pantas dibanggakan dan disejajarkan dengan daerah lain di Sumut,” ungkap Bupati Sergai.

Soekirman memperkenalkan secara ringkas aspek geografis dan demografis serta informasi terkini Pemkab Sergai. Program “Desa Wisata” disinggung secara khusus oleh Bupati sebagai salah satu cara untuk mengembangkan produk unggulan desa dan kawasan pedesaan melalui Badan Usaha Milik Desa [Bumdes].

Terkait konsep Desa Wisata, tutur Bupati Sleman juga sudah diterapkan di 47 desa di Sleman. Pengembangan desa wisata di Sleman merupakan hasil dari kolaborasi masyarakat dan pemerintah yang membentuk sinergitas dan keberlangsungan [sustainability].

Pada kesempatan kunjungan tersebut kedua belah pihak meneken [menandatangani] Memorandum of Understanding [MoU]. Dalam MoU tersebut berisi poin kerja sama pengembangan smart city dan egovernment, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pengembangan SDM, UMKM, industri, perdagangan, investasi, dan penataan ruang perencanaan infrastruktur. *Inc-14